Lebaran, Satu Juta Wisatawan Diprediksi Padati Kawasan Wisata di Sumbar

Pantai Padang dipadati wisatawan. Foto : Istimewa
Pantai Padang dipadati wisatawan beberapa tahun lalu. Foto : Istimewa

Padang – Sebanyak satu juta wisatawan diperkirakan akan mengunjungi Sumatera Barat selama libur Lebaran 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian pun mengimbau pengelola destinasi wisata untuk memberikan pelayanan terbaik.

Baca Juga

“Wisatawan datang dari berbagai daerah dan negara, sebagian besar adalah pemudik,” kata Oni Yulfian, di Padang.

Oni menyebutkan, Gubernur Sumbar telah mengeluarkan sejumlah imbauan kepada Kabupaten dan Kota terkait pelayanan terhadap wisatawan.

Imbauan itu seperti menertibkan usaha terkait pariwisata, penertiban parkir, agar jangan semena-mena menentukan tarif karena praktik itu sangat merugikan nama daerah dimata wisatawan.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar menjaga kebersihan destinasi wisata, terutama toilet agar wisatawan merasa nyaman di Sumbar.

“Promosi melalui mulut ke mulut efektif untuk pariwisata, tetapi yang jelek-jelek juga bisa cepat menyebar, karena itu kita berupaya agar wisatawan benar-benar bisa nyaman di Sumbar,” jelasnya.

Menurut Oni, destinasi wisata unggulan Sumbar yang diprediksi akan ramai dikunjungi selama libur Lebaran masih hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni yang berada pada jalur Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Batusangkar-Harau.

“Lembah Anai, Sate Mak Syukur, Pusat Dokumentasi di Padang Panjang, Ngarai Sianok, Jam Gadang, Istano Pagaruyung, dan Harau biasanya menjadi destinasi wisata favorit selama Lebaran,” tuturnya.

Destinasi di Pariaman juga akan ramai dikunjungi, apalagi setelah ada Pariaman Water Front City, termasuk kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Danau Kembar, Danau Singkarak, dan Puncak Lawang juga diperkirakan akan ramai,” pungkasnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia