Lawatan Budaya, Guna Perkenalkan Kembali Museum Kepada Siswa

  • Whatsapp
Lawatan Budaya ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka yang terletak di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Lawatan Budaya ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka yang terletak di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Lawatan Budaya ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka yang terletak di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. FOTO/YATHADA

Tiga Puluh siswa SMA/SMK Kota Padang, yang terdiri dari SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMKN 3, dan SMKN 9 mengikuti Lawatan Budaya ke Museum Buya Hamka, Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang diadakan oleh UPTD Museum Nagari, Minggu (18/05). Acara ini diadakan untuk memperkenalkan kembali Museum, yang telah lama ditinggalkan oleh kebanyakan siswa.

Kepala Museum Nagari, Novi menuturkan, siswa tidak hanya bisa belajar disekolah, akan tetapi juga bisa belajar diluar sekolah, salah satunya ialah di museum.

“Lawatan Budaya ini merupakan program pengenalan museum kepada siswa. Tidak hanya sebagai objek wisata, museum juga dapat dijadikan sebagai tempat belajar bagi siswa untuk mempelajari berbagai banyak sejarah,” ujarnya pada saat memberikan pengarahan sebelum keberangkatan.

Acara ini dimulai dengan berkumpulnya seluruh peserta di Museum Adityawarman pada pukul 07.00 WIB. Setelah itu pengarahan singkat dari panitia, dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Museum Buya Hamka di Maninjau. Setiba seluruh peserta di Museum Buya Hamka, seluruh peserta diberikan penjelasan dan cerita singkat tentang sejarah Buya Hamka. Setelah penjelasan dan cerita selesei, seluruh peserta dibawa menuju Cagar Budaya Makam Syeikh dan Masjid Raya Bayur. Setelah itu seluruh peserta kembali menuju kota Padang.

“Acara yang sangat seru, karena disini kami berkunjung ke beberapa objek wisata yang mungkin tidak pernah kami kunjungi. Saya sangat senang mengikuti acara Lawatan Budaya ini, “ ujar salah satu peserta, Jeffri Effendi, sepulang dari acara Lawatan Budaya.

Loading...

Pos terkait