Kurikulum 2013, Siswa yang Menentukan !

IlustrasiPendidikan di Indonesia saat ini telah jauh berubah, terutama dari segi Kurikulum yang selalu bertukar-tukar hampir satu sekali lima tahun.  Berbicara mengenai kurikulum 2013, banyak yang kecewa, dan tak sedikit yang merasa senang.

Salah seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Padang, Rully mengungkapkan, cukup banyak yang berubah pada Kurikulum 2013 dibanding sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Jadi sekarang itu dari kelas sepuluh sudah ada penentuan jurusan IPA atau IPS serta pelajaran yang diminati, dan penilaian didalam lapor tidak ada berupa angka melainkan menggunakan sistem IPK sebagaimana perguruan tinggi,” katanya saat dihubungi KabarPadang, Senin (13/1) pagi.

Rully yang masih duduk pada bangku kelas 10 SMA ini juga menyebutkan, penentuan jurusan merupakan minat dari masing-masing murid tanpa adanya unsur keterpaksaan dari pihak manapun.

Tentu saja ini akan mempermudah para murid dalam mengembangkan potensi dan minat kemampuan yang mereka miliki hingga lebih terarah. “Pada pembelajaran pelajaran yang diminati, duduknya itu perkelompok dan kita bebas bertanya apa saja yang belum dimengerti, sebelum belajarpun dimulai dengan persentasi dari masing-masing kelompok, hal ini yang saya sukai, membuat saya dan teman-teman saya semaki  bersemangat dan aktif dalam belajar,” tuturnya.

Reporter : Yudhi Saputra & Lailatul Himni

Loading...

Pos terkait