Kurangi Kabut Asap, BNPB Modifikasi Cuaca Besok

  • Whatsapp
Kebakaran Hutan Riau. FOTO/VSIMIRACLE
Kebakaran Hutan Riau. FOTO/VSIMIRACLE
Kebakaran Hutan Riau. FOTO/VSIMIRACLE

Untuk mengurangi kabut asap di Provinsi Sumatera Barat dan Riau, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bersama TNI AU (Angkatan Udara) dijadwalkan akan melakukan rekayasa cuaca, Jumat (14/3) besok.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kota Padang, Kamis (13/3) sore menyebutkan bahwa benih hujan saat ini telah disediakan dan siap ditebar di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

“Benih hujannya sudah kita siapkan, besok kita jadwalkan akan melakukan penyebaran benih di Provinsi Riau untuk mengurangi intensitas kabut asap,” katanya.

Disebut Syamsul, penyebaran nantinya akan menggunakan pesawat Hercules dari TNI AU yang akan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma. “Kita berharap dengan hal ini intensitas kabut asap dapat berkurang,” jelasnya.

Syamsul mengaku pihaknya saat ini telah mengantongi 39 pelaku akibat kebakaran hutan di Provinsi Riau tersebut. “Ini kejahatan nasional, banyak masyarakat yang merasakan dampaknya. Untuk itu, Negara akan langsung menindak tegas para pelakunya,” tegasnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait