Kurangi Angka Golput Putaran Dua

  • Whatsapp

Forum Editor, kumpulan para editor media di Padang, menghadirkan dialog dengan tema “Pentas Panas Pilwako Padang”. Kegiatan ini disiarkan langsung dari studio Padang TV di Jalan Adinegoro, Padang, Rabu (27/11) malam.

Mulai dari pakar tata negara, pengamat politik, pakar komunikasi, Panwaslu, tim sukses hingga pasangan calon yang akan bertarung pada putaran kedua 18 Desember 2013, tampak hadir. Sayangnya, tak satu pun Komisioner KPU Kota Padang sebagai penyelenggara yang hadir. “Kita sudah beritahu jauh-jauh hari, tetapi tiba-tiba KPU bilang lagi rapat evaluasi,” kata Ketua Forum Editor, Heranof Firdaus.

Bacaan Lainnya

Dialog ini digelar beberapa jam setelah Mahkamah Konstitusi (MK) meregistrasi perkara sengketa Pilkada Padang yang diajukan pasangan M Ichlas El Qudsi-Januardi Sumka. Dari situs MK diketahui, perkara sengketa hasil Pilkada itu diregistrasi dengan nomor 183/PHPU.D-XI/2013.

Mantan anggota KPU Sumbar, Ardyan pun mengingatkan persiapan yang singkat, terutama kesiapan logistik pilkada. “Okelah bisa penunjukan langsung, tetapi kesiapan rekanan yang mengerjakannya pencetakan surat suara perlu dipertanyakan,” tuturnya.

Hal itu semua katanya, sangat tergantung kesiapan KPU dalam merancang segalanya. Toh, pelaksanaan Pilkada bukan baru lagi bagi masyarakat, karena hampir tiap sebentar ada pemilihan di daerah ini.

Dalam dialog dengan host Khairul Jasmi itu, Ketua Panwaslu Padang, Nurlina K., menegaskan, strategi pengawasan dengan melibatkan ribuan pengawas termasuk di masing-masing TPS dan ini akan tetap dilakukan pada putaran kedua.

Menurut Nurlina K., hingga saat ini, kedua pasangan calon yang bertarung dalam putaran kedua belum ada melakukan pelanggaran. Tetapi ia mengingatkan para calon untuk tidak melakukan kampanye hitam, money politics dan pelanggaran lainnya.

Sementara pasangan Desri Ayunda-James Hellyward dan Mahyeldi-Emzalmi sama-sama optimis menangkan putaran kedua mendatang. “Insya Allah dengan visi, misi dan program yang kita tawarkan. Silahkan dikritisi dan diberi masukan. Menjelang putaran kedua ini, kami masih terus lakukan konsolidasi-konsolidasi,” kata Desri.

Pasangannya James Hellyward menambahkan, dengan perkembangan yang ada pihaknya optimis meraup suara di atas 52 persen. “Tentunya kemenangan dengan cara-cara yang elegan,” katanya.

Sementara Mahyeldi Ansharullah menyatakan, program kerja yang ditawarkannya sudah melalui kajian dan analisis mendalam. “Jika diamanahkan memimpin Kota Padang lima tahun ke depan, program yang sudah kami cetak dan tebarkan silahkan disimpan, dan ingatkan kami nanti jika terpilih,” tuturnya.

Sementara Mahyedli-Emzalmi mengatakan, ia sudah pernah bekerja sama dengan Mahyeldi saat menjabat Sekda Kota Padang. “Pengalaman menunjukkan, kami bisa saling mengisi, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik,” kata Mahyeldi.

Soal antisipasi bencana, menurut Mahyeldi sudah ada anggaran pembangunan jalur evakuasi. Bahkan ada bantuan dari pusat Rp48 miliar untuk pembangunan shelter dan program lainnya. Sementara Desri mengkritik kurang diberdayakannya potensi mitigasi bencana yang ada.

“Jalur-jalur yang seharusnya bisa dimanfaatkan, tidak diberdayakan. Misalnya, di gerbang Lanud Tabing. Kenapa harus menunggu bencana dulu baru dibuka, seharusnya itu bisa dikoordinasikan dengan pihak Lanud,” katanya.

Pengamat Komunikasi Universitas Eka Sakti, Sumartono melihat putaran kedua adalah pertarungan orator dan administrator. “Pasangan nomor 3 keduanya orator. Pasangan nomor 10 keduanya juga administrator. Bagaimana keduanya memanfaatkan potensi yang ada ini untuk menarik dukungan,” katanya.

Sementara Forum Editor berharap kedua pasangan calon memaksimalkan waktu yang ada untuk ikut mendorong masyarakat berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya, untuk menekan angka golput di putaran kedua. “KPU harus berupaya keras menyadarkan pemilih yang enggan menggunakan hak pilihnya. Kedua pasangan calon pun harus maksimal juga untuk menekan angka golput,” tutur Gusfen Khairul dan Eko Yanche Endrie. 

Afiliasi KlikSumbar

Loading...

Pos terkait