KPU Sumbar Sediakan 11.001 Template Braile

  • Whatsapp
Ilustrasi surat suara braile. Foto : PortalKBR

 

Ilustrasi surat suara braile. Foto : PortalKBR
Ilustrasi surat suara braile. Foto : PortalKBR

Guna menjamin hak pilih bagi penyandang disabilitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengaku telah menyiapkan setidaknya 11.001 template (hufur braile).

 Template ini merupakan surat suara khusus yang mempermudah para penyandang disabilitas memilih Capres dan Cawapres 9 Juli mendatang.

Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar, Fikon menyebutkan, kerta template itu nantinya akan disediakan satu buah untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Template ini diperuntuhkan untuk penyandang disabilitas, terutama Tuna Netra agar mereka mudah memilih Capres dan Cawapres yang diinginkannya,” katanya di Padang, Sabtu (21/6).

Pihaknya sendiri menyediakan 11.001 template yang disesuaikan dengan kapasitas atau kebutuhan dari seluruh TPS yang ada di Sumatera Barat.

Selain itu, terkait pendistribusian template tersebut, pihaknya menjadwalkan pada 30 Juni mendatang ke masing-masing KPU Kabupaten/Kota.

“Kita rencanakan tanggal 30 Juni, seluruh template itu telah didistribusikan ke masing-masing TPS,” jelasnya.

Namun, sejauh itu, KPU Sumbar sendiri belum mengetahui jumlah fix (pasti) pemilih yang menyandang disabilitas di Sumater Barat. “Belum ada jumlah pastinya, karena sewaktu pendataan DPSHP lalu tidak semua yang mengisi kolom pemilih disabilitas,” tutupnya.

(KlikPositif)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait