KPU Sumbar Kebut DPS Pilpres Rampung 20 Mei

  • Whatsapp
Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

konflik-pemilu-bisa-terjadi-karena-ketidakbecusan-kpuJelang Pemilu Presiden (Pilpres) pada 9 Juli mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tengah melakukan pendataan intensif secara maksimal terhadap penyusunan Daftar Pemilih Sementar (DPS). Langkah yang diambil KPU Sumbar terbilang cepat karena proses rekapitulasi suara Pileg di KPU RI belum usai sampai saat ini.

Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Sumbar, Nova Indra mengatakan, penyusunan DPS dilakukan untuk menyempurnakan data pemilih pada Pileg, 9 April lalu. Bahkan, pihaknya pun menargetkan penyusunan DPS akan rampung pada 20 Mei mendatang.

“Acuan kita menyusun DPS Pilpres, pertama dari DPT yang ada, kedua pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb),” katanya di Kantor KPU Sumbar, Jumat (9/5).

Nova menjelaskan, letak permasalahan pada data pemilih Pileg lalu terdapat pada adanya pemilih khusus dan penggunaan identitas diri. Tetapi, mereka belum terdaftar pada DPT. “Untuk itu kita sempurnakan data pemilihnya agar hal ini tidak terjadi kembali pada Pilpres,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya sedang memfokuskan pendataan terhadap pemilih pemula, terutama kalangan yang berasal dari pelajar dan mahasiswa yang telah menginjak umur 17 tahun pada 9 Juli mendatang.

“Untuk pendataan saat ini kita berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Selain itu, kita juga mengerahkan petugas yang ada pada setiap Kelurahan maupun Kecamatan,” katanya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait