KPU Padang Temukan 133 Surat Suara Rusak

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto : VIVA
Ilustrasi kotak suara bahan Aluminium. Foto : TribunNews
Ilustrasi logistik berupa Kotak Suara. Foto : TribunNews

Pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang telah selesai dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang. Tahapan ini rampung lebih cepat satu hari yakni Jumat (20/6) malam, sedangkan ditargetkan KPU Kota Padang pada Sabtu (21).

Koordinator Divisi Logistik dan Keuangan KPU Kota Padang, Mahyudin mengatakan, tahapan penyortiran ini, pihaknya menemukan sebanyak 133 surat suara rusak.

“Kita sudah rampungkan pelipatan dan penyortirannya, lebih cepat satu hari. Dari hasilnya, pihak KPU menemukan ada 133 surat suara yang rusak,” katanya di Padang, Senin (23/6).

Ia menambahkan, KPU juga menemukan kelebihan surat suara Pilpres yakni berjumlah 1.931 lembar surat suara.

“Awalnya kita mendapatkan surat suara dari KPU Pusat sebanyak 639.000, ditambah 1.000 surat suara tambahan. Namun, setelah penyortiran selesai terdapat kelebihan surat suara sebanyak 1.931. Dengan demikian, jumlah keseluruhannya menjadi 640.364 surat suara,” jelasnya.

Untuk kelebihan surat suara tersebut, pihak KPU Kota Padang sendiri mengaku telah melaporkannya ke KPU Sumatera Barat. “Kita sudah laporkan ke KPU Provinsi. Apakah dikembalikan atau tidaknya itu tergantung dari instruksi KPU Provinsi,” katanya.

Sementara, terkait pendistribusian surat suara, KPU Kota Padang menargetkan akan rampung paling lambat tujuh hari sebelum hari pencoblosan, tepatnya tanggal 2 Juli mendatang.

“Kita masih tunggu distribusi logistik KPU dari Pusat. Jika semua sudah lengkap maka kita akan distribusikan langsung, paling lambat tujuh hari sebelum hari pencoblosan,” tutupnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait