KPU Padang Sebaiknya Konsentrasi Saja Urus Pileg dan Pilpres

PilkaKPUda Kota Padang putaran kedua sepertinya masih di awang-awang. Sampai Kamis (23/1), APBD Padang 2014 belum juga ketok palu. Menurut Politisi Partai Demokrat Gusfen Khairul, jadi atau tidak Pilkada putaran kedua, pemerintahan Kota Padang akan tetap berjalan. Aturan sudah ada, tinggal menjalani saja.

“Pemerintahan Kota Padang tetap berjalan. Jika habis periode jabatan walikota sekarang, bisa dilanjutkan oleh Pelaksana Tugas Walikota. Itu adalah hal yang normal saja dalam pemerintahan. Karena itu mari kita fokus saja kepada agenda nasional dulu, yaitu Pemilu Legislatif dan Pilpres,” ujar Gusfen Khairul yang juga wartawan senior Sumbar, Kamis (23/1) di Jati, Jalan Taduah, Kec. Padang Timur.

Bacaan Lainnya

Menurut Gusfen Khairul, adanya keinginan KPU Padang untuk tetap memaksakan Pilkada putaran kedua pada akhir Februari atau minggu pertama Maret adalah bumerang terhadap agenda politik nasional, yaitu Pemilu Legislatif 2014 dan Pilpres. “KPU Padang harus melihat banyak aspek, jangan hanya Pilkada putaran kedua saja. Kualitas Pemilu Legislatif 9 April 2014 dan Pilpres harus menjadi prioritas,” ujarnya.

Jika Pilkada putaran dua dipaksakan juga sebelum Pileg, maka jarak waktu dengan pelaksanaan Pemilu 2014 sangat dekat. Akibatnya masyarakat pemilih akan bosan, dan cenderung akan mengakibatkan turunnya partisipasi pemilih di Kota Padang. “Mana mau pemilih sekali sebulan ke TPS, apalagi kalau sampai Cawako pilihannya kalah maka pasti pemilih juga malas ke TPS pada 9 April 2014,” ujar Gusfen Khairul.

Karena itu, Gusfen Khairul mengajak KPU Kota Padang konsentrasi saja kepada Pemilu 2014. “KPU Padang full saja mengurus Pemilu Legislatif 2014 dan Pilpres. Pemerintahan Kota Padang sudah ada yang mengurus, mau pelaksana tugas atau pejabat walikota, itu sudah ada aturannya,” kata Gusfen Khairul.

(Afiliasi : KlikSumbar.com)

Loading...

Pos terkait