KPU: Masa Perbaikan Laporan Dana Kampanye Bukan Kompromi

  • Whatsapp
Ayo memilih.

Masa perbaikan lima hari untuk pelaporan dana kampanye peserta pemilu baik partai politik dan calon anggota DPD RI dituding banyak pihak membuka ruang kompromi antara Komisi Pemilihan Umum dan peserta pemilu.

Ketua KPU, Husni Kamil Manik, membantah masa perbaikan lima hari pelaporan dana kampanye adalah kompromi. Ia menegaskan, memang sudah diatur ruang untuk perbaikan laporan dana kampanye peserta pemilu yang sudah diserahkan 2 Maret 2014.

“Enggak ada mekanisme pengaturan kompromi antara KPU dan parpol. Sejak awal memang didesain waktu lima hari untuk masa perbaikan,” terang Husni kepada wartawan di sela jalan sehat Pemilu Berintegritas di Monas, Jakarta, Minggu (9/3/2014).

Husni menjelaskan, saat ini KPU masih memverifikasi secara administrasi laporan dana kampanye peserta pemilu sesuai tingkatan. Hasil laporan yang kurang dan harus diperbaiki akan disampaikan ke peserta pemilu dan akan dipublikasikan.

Sesuai tingkatan, 12 parpol peserta pemilu tingkat nasional seluruhnya melaporkan dana kampanyenya tepat waktu. Begitu juga calon DPD RI. Namun, secara umum, dari 12 parpol tingkat nasional belum memberikan DK13, pelaporan pemasukan dan pengeluaran dana kampanye caleg.

Sementara untuk laporan dana kampanye peserta pemilu di tingkat provinsi, kabupaten atau kota, beberapa ada yang tidak menyerahkan sesuai jadwal. Di antara mereka ada menyerahkan di atas pukul 18.00 waktu setempat dan bahkan, ada yang tidak sama sekali.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait