Kotak Suara Bahan Karton Ada di Pileg 2014 ?

Mantan Walikota Padang, Fauzi Bahar menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Padang putaran kedua di TPS 8, Kelurahan Kampuang Jao, Kecamatan Padang Barat. Foto : Istimewa
Guibernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Padang putaran kedua di TPS 8, Kelurahan Jati Batu, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. FOTO/WAN
Guibernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Padang putaran kedua di TPS 8, Kelurahan Jati Batu, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. (Kotak Suara Bahan Karton). FOTO/WAN

Penggunanaan kotak suara berbahan karton kardus tak hanya dipakai saat Pilkada Padang putaran kedua 5 Maret 2014 lalu. KPU Sumatera Barat memastikan akan menggunakan sebagian kotak suara tersebut pada Pemilu 2014 yang digelar 9 April mendatang.

“Pemakaian kotak suara tetap kita pusatkan pada berbahan plat aluminium atau biasanya dipakai. Sedangkan, sebagian dari bahan karton,” kata Koordinator Divisi Keuangan, Logistik dan Rumah Tangga KPU Sumbar, Fikon di ruangannya, Jumat (21/3).

Baca Juga

Disebut Fikon, penggunanan kotak suara itu merupakan kebijakan dari KPU yang sebelumnya telah dikoordinasikan terlebih dahulu. Nantinya, kotak suara berbahan karton akan digunakan untuk daerah yang mengalami kekurangan kotak suara berbahan plat aluminium.

“Ada sekitar 5.000 kotak suara berbahan dasar karton kardus yang kita siapkan untuk menjadi cadangan atau antisipasi apabila pada sejumlah daerah kekurangan kotak suara yang biasanya,” katanya.

Terkait segi ketahanan dari kotak suara berbahan karton itu, Fikon menyebut, kotak tersebut nantinya mampu menahan beban dari 10 hingga 20 kg serta juga tahan dari percikan api.

“Sedangkan untuk keamanan surat suara, sebelum surat suara dimasukkan kedalam kotak akan dikemas terlebih dahulu menggunakan plastik dan barulah dimasukkan,” pungkasnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia