Kopassus dan Civitas UI Bersama-sama Menanam Pohon

  • Whatsapp
Kopassus dan Civitas UI Sedang Menanam Pohon. Foto : hijauku.com
Kopassus dan Civitas UI Sedang Menanam Pohon. Foto : hijauku.com
Kopassus dan Civitas UI Sedang Menanam Pohon. Foto : hijauku.com

Komando Pasukan Khusus atau Kopassus TNI AD, bekerja sama dengan civitas Universitas Indonesia, mengadakan acara penanaman pohon dalam rangka pengayaan hutan UI di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/12).

Acara yang juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November lalu ini, akan diisi dengan kegiatan penanaman 1.000 pohon, dari total rencana keseluruhan sejumlah 10.000 pohon yang akan ditanam.

Pantauan merdeka.com, acara dibuka pukul 08.00 WIB oleh Wakil Rektor UI, Prof Bambang Wibawarta dan Wakil Komandan Kopassus Jendral, Brigjen TNI M Herindra. Keduanya memberikan sambutan secara bergantian, terkait program kerjasama yang selama ini kerap dilangsungkan kedua belah pihak dalam berbagai kesempatan.

“Saat ini hanya ada 2 lembaga yang masih netral dari bias politik yang ada, yaitu TNI dan Universitas. Maka kalau ada sinergi, hal itu merupakan suatu hal yang positif dalam membangun kerja sama yang bermanfaat. Saya harap kerja sama-kerja sama seperti ini masih bisa terus berjalan dalam rangka pengayaan seluruh hutan yang ada di UI saat ini,” kata Bambang dalam sambutannya di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/12).

Sementara dalam sambutannya, Wadanjen Kopassus Brigjen TNI M. Herindra mengapresiasi langkah kerja sama ini, agar terus berlanjut dalam program-program ke depannya. Dia juga mengakui ‘dosa’ di kesatuannya, yang sebelumnya kerap melakukan penebangan pohon dalam berbagai macam pelatihan pertahanan hidup di dalam hutan.

“Saya mungkin sangat berdosa karena saat masih merintis di Kopassus itu, dulu sering nebangin pohon. Karena kan itu memang diajarkan dalam pertahanan diri kita di hutan. Jadi saat ini tuh semacam penebusan dosa lah. Berapa yang dulu kita tebang, sekarang kita ganti tanam berkali-kali lipat jumlahnya,” kata Herindra dalam sambutannya.

Sejumlah jenis pohon yang ikut ditanam dalam acara ini antara lain pohon Nangkadak, Ceremai, Trembesi, dan jenis pohon lainnya, sesuai dengan program pengayaan hutan yang dicanangkan tersebut.

Acara ini masih terus berlanjut, hingga keseribu batang pohon sudah ditanam di beberapa lahan pengayaan hutan, yang disiapkan pihak civitas UI dalam program pengayaan hutannya.

(merdeka.com)

Loading...

Pos terkait