Koalisi ideologis partai Islam sulit terwujud

  • Whatsapp

Lembaga Survei Nasional (LSN) melihat wacana koalisi partai Islam masih sulit direalisasikan. Pasalnya ada perbedaan aliran di antara partai-partai islam lainnya.

“Sulit yah kalau partai Islam bersatu, soalnya kan ada perbedaan-perbedaan aliran Islam itu sendiri,” ujar Direktur Eksekutif LSN Umar S. Bakry di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat Minggu (24/13).

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, perbedaan aliran yang terjadi adalah antara parpol yang memiliki basis massa Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

“PAN lebih ke Muhammadyah sedangkan PKB lebih ke NU,” ujar Umar.

Menurutnya apabila ingin berkoalisi, adapun pertimbangannya yaitu lebih mementingkan kepentingan yang lebih bersifat pragmatis.

“Partai Islam itu kan cenderung lebih memilih kepentingan pragmatis mereka, jadi kalau secara ideologis itu sulit berkoalisi,” kata Umar.

Dari hasil survei LSN yang dilakukan pada 20-30 Oktober 2013 di 34 provinsi, tampak 45,6 persen responden menyetujui koalisi partai Islam, sementara 23,7 persen tidak menyetujui dan sisanya 30,7 persen menyatakan tidak tahu.

Survei ini mengambil sampel sebanyak 1.240 responden dengan teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling), margin of error +/- 2.8 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

sumber:merdeka.com

Loading...

Pos terkait