KI Sumbar Gelar Sidang Perdana di Kantor Baru

Suasana persidangan sengketa informasi publik.

Padang – Untuk pertama kalinya, Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat menggelar siding sengketa informasi public di kantor barunya, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja 36, Padang Timur, Padang, Senin 2 September 2019.

Ada dua agenda siding yang digelar, pertama sengketa informasi terkait petanahan, dan sidang kedua mengenai laporan polisi yang dinilai berlarut-larut.

Baca Juga

Sidang sengketa informasi itu dipimpin Adrian Tuswandi selaku Ketua Majelis Komisioner, Nofal Wiska dan Tanti Endang Lestari selaku anggota Majelis.

Sidang itu dihadiri langsung oleh kedua belah pihak, dimana pemohon yakni masyarakat dengan kuasa Danil, dan Polres Bukittinggi selaku badan publik termohon.

“Sidang merupakan tahapan pembuktian setelah upaya mediasi para pihak sepakat untuk tidak bersepakat damai dalam sengketa informasi publik terkait laporan polisi pemohon dugaan pidana pemalsuan,” kata Ketua Majelis Komisioner Adrian Tuswandi.

Ketua Majelis Komisioner Adrian menilai sengketa informasi ini menarik dan pastinya sesuai tahapan persidangan majelis berupaya menggali keterangan dari para pihak.

“Sidang lanjutan pemeriksaan pembuktian dijadwalkan minggu depan, dan sidang sengketa informasi publik diskor,” ujar Adrian sambil mengetokan palu sidang tanda sidang diskor.

Sementara itu, berdasarkan catatan Panitera Pengganti Kiki, sidang pembuktian berlangsung alot, dua pihak bersikukuh dengan pendapatnya.

“Pemohon dipersidangan mengatakan informasi soal berkas perkara lengkap adalah hak pemohon untuk mendapatkannya. Sedangkan, Termohon menegaskan bahwa sesuai Peraturan Kapolri tentang Informasi Publik hanya SP2HP yang wajib diberikan ke pelapor dugaan tindak pidana,” kata Kiki menyampaikan ke PPID Komisi Informasi Sumbar.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia