Ketua Komjak Dicoret dari Daftar Caleg

Halius Husen.
Halius Husen.
Halius Husen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menindaklanjuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mencoret dua calon anggota DPR RI asal PDI Perjuangan dan Partai NasDem, Halius Husein dan Bambang Herdadi.

“Ketua Komisi Kejaksaan Halius Hosein diminta untuk diproses karena analisis Bawaslu menyimpulkan tidak memenuhi syarat,” ujar komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta, Senin (3/2).

Bacaan Lainnya

Kemudian, lanjut Hadar, untuk Caleg dari partai NasDem, Bawaslu juga meminta agar mencoret dari daftar calon tetep.

“Kalau caleg Nasdem dapil Jawa Barat IX. Dia dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga kami harus mencoret dari daftar calon tetap dan juga surat suara,” sambung Hadar.

Menurutnya, pencalonan Halius tak memenuhi syarat karena tidak menginformasikan dengan lengkap. Begitu juga surat-surat pencalonannya yang diperlukan KPU tidak sesuai. Dalam formulir pengunduran dirinya sebagai pensiunan jaksa.

“Dia (Halius) masih aktif sebagai ketua komjak, tapi tidak memberikan keterangan sebagai pensiunan jaksa”, katanya.

Seharusnya, Hadar melanjutkan, kalau seorang caleg pensiunan PNS tidak perlu menulis formulir pengunduran diri. Belakangan baru dapat informasi dan ada yang melaporkan ke Bawaslu, bahwa Halius masih menjabat sebagai Ketua Komjak.

Komisi Kejaksaan adalah lembaga atau badan yang anggarannya dibiayai negara. Dan orang yang ada di posisi itu harus mengundurkan diri dari jabatannya.

“Maka, dia (Halius) harus memberikan surat pemberhentian atau surat keterangan bahwa surat pemberhentian itu sedang diproses. Tapi surat itu tidak pernah sampai ke kami,” ujarnya.

Sementara Bambang, caleg NasDem, pernah dipidana penjara yang ancamannya lima tahun atau lebih. Memang, Bambang sudah selesai menjalankan pidananya tetapi masa jeda nya belum terpenuhi lima tahun sampai pendaftaran sebagai caleg.

Seperti diketahui, Halius jadi caleg PDI Perjuangan daerah pemilihan Sumatera Barat I nomor urut dua. Sementara Bambang sebagai caleg Partai NasDem daerah pemilihan Jawa Barat IX nomor urut dua. Keduanya sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT).[Aktual]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia