Kenaikan BBM, Nelayan Harapkan Solusi Pemerintah

Ilustrasi nelayan. Foto Indopos
Ilustrasi antrian pengendara di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Ilustrasi antrian pengendara di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Isu kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat para nelayan banyak mengaku cemas. Hal ini karena apabila BBM naik, maka otomatis biaya operasional nelayan pun ikut naik.

Salah seorang nelayan di kawasan Muara, Kota Padang, Rusdi mengaku tidak mempermasalahkan apabila BBM dinaikkan oleh pemerintah. Namun, Rusdi menyampaikan agar pemerintah memberikan solusi yang sepadan dengan kenaikan tersebut.

Baca Juga

“Iya, kalau naik tidak apa-apa, tapi kalau bisa pemerintah juga memberikan solusi yang sepadan, jangan nantinya ekonomi kami yang terpuruk,” katanya kepada wartawan di kawasan Muara, Kota Padang, Rabu (5/11).

Ia menyebut, untuk harga BBM saat ini, nelayan yang melaut menggunakan kapal berukuran kecil harus merogoh biaya operasional hingga Rp. 12 juta. “Biasanya saja, untuk kapal kecil kita melaut bisa habiskan biaya operasional Rp. 12 juta, apalagi kalau naik nantinya,” ungkapnya

Apabila tetap dinaikkan, dirinya berharap pemerintah juga memberikan solusi seperti menaikkan standarisasi harga ikan. “Gak mungkin kita juga ikan segitu juga sama dengan sekarang kalau BBM naik, kita yang rugi. Kalau BBM naik, pasti harga penjualan juga naik, kita harap pemerintah dapat memberikan solusi yang tepat,” harapnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia