Kebakaran Hutan Masih Berlangsung

Kebakaran hutan di Bukit Putus, Kota Padang. FOTO/HUDA PUTRA
Kebakaran hutan di Bukit Putus, Kota Padang. FOTO/HUDA PUTRA
Kebakaran hutan di Bukit Putus, Kota Padang. FOTO/HUDA PUTRA

Terbakarnya hutan di Bukit Putus, Kota Padang, Minggu (16/2) sekitar pukul 12.00 WIB hingga saat ini masih berlangsung. Kebakaran itu terjadi diduga adanya pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga setempat untuk pembukaan lahan.

”Lahan itu sengaja dibakar untuk digunakan membuat lahan kuburan, tapi kita sudah menelusurinya dan kita usahakan akan padam secepatnya,” kata Kabid Kehutanan Dispernakbunhut Kota Padang, Adlin Gusmar saat dihubungi via seluler.

Bacaan Lainnya

Lahan yang terbakar itu sendiri diketahui terdaftar sebagai hutan APL yakni Areal Penggunaan Lain, dan dikelola oleh masyarakat setempat.

”Dari sekitar 20 hektare lahan yang dijadikan APL oleh warga di dua bukit tersebut, hanya sekitar 5 persen diantaranya yang terbakar dan itupun sudah ada titik-titiknya,” jelasnya.

Dirinya mengaku telah berkoordinasi bersama BPBD PK Kota Padang, Lantamal II Teluk Bayur guna menelusuri titik api. ”Mudah-mudahan malam ini kita dapat padamkan agar tidak terus menjalar,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terhitung sekitar lima hektar lahan yang berada di Bukit Putus, dan Bukit Batu Hapa terbakar. Akibatnya, sekitar 126 pada kawasan dua bukit itu, ditambah 1 SPBU terancam terkena dampak kebakaran. [G/WN]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia