Kabut Asap Selimuti Langit Kota Padang

Ilustrasi kabut asap di Kota Padang. Foto : Huda Putra.
Kabut asap selimuti Kota Padang beberapa bulan lalu. Foto : Huda Putra
Kabut asap selimuti Kota Padang beberapa bulan lalu. Foto : Huda Putra

Kabut asap kembali menyelimuti sejumlah daerah Sumatera Barat, Kamis (17/9). Salah satunya terlihat di Kota Padang, mulai kemarin kabut asap semakin menutupi langit.

Terpantau, akibat kabut asap tersebut, masyarakat kembali memakai masker agar terhindar dari bahaya asap tersebut. Kabut asap ini sendiri kembali berulang karena banyaknya kemunculan titik panas (hotspot), terutama yang terdapat pada sejumlah Provinsi di Pulau Sumatera.

Baca Juga

Bagian Data dan Informasi GAW Kototabang, Albert Nahas menyebutkan, terpantau dari Satelit NOAA terakhir pada Rabu (17/9) kemarin pukul 16.00 WIB, jumlah titik panas mencapai 231 titik.

“Untuk titik panas dengan intensitas 51-60 persen ada 38 titik, kemudian intensitas 61-70 persen ada 54 titik, 71-80 persen ada 58 titk, sedangkan terbanyak pada intensitas 81-100 persen ada 81 persen,” katanya saat dikonfirmasi via seluler.

Ia menjelaskan, akibat titik panas tersebut terjadi penurunan kualitas udara untuk wilayah Sumatera Barat. “Kalau untuk kualitas udara per daerah itu beda-beda, tetapi rata-ratanya kualitas udara saat ini sedang,” jelasnya.

Sedangkan untuk jarak pandang sendiri masih dalam keadaan yang belum parah. “Untuk jarak pandang memang tidak terlalu parah, angkanya juga bervariasi pada setiap daerah, sampai saat ini masih kita pantau,” tuturnya.

Sementara itu, pihaknya sendiri belum dapat memastikan apakah intensitas kabut asap tersebut akan berkurang atau sebaliknya. “Kalau untuk kenaikan maupun penurunan intensitas semua tergantung titik panasnya,” pungkasnya.

Loading...

Rekomendasi