Kabut Asap RIAU Tiba di Sumbar

Ilustrasi Kabut Asap.
Ilustrasi Kabut Asap.
Ilustrasi Kabut Asap.

Kebakaran lahan hingga timbulnya kabut asap di Provinsi RIAU berdampak hingga ke Sumatera Barat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Padang, Senin (10/2).

Dirinya menyebutkan, pergerakan kabut asap angin yang datang dari arah timur laut masih dalam intensitas relatif aman. Setidaknya, saat ini tercatat ada 62 titik api pada beberapa Provinsi di Pulau Sumatera.

Bacaan Lainnya

“Paling banyak titik api terdapat di Provinsi RIAU sebanyak 36 titik, Kepulauan RIAU 6 titik, Sumatera Utara 17 titik, Nanggroe Aceh Darussalam 2 titik, dan Jambi 1 titik,” jelasnya.

Menurutnya, dampak yang paling merasakan di Sumatera Barat adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi RIAU, sedangkan daerah lainnya masih dikategorikan aman.

Dampak kabut asap juga berkurang karena adanya satu kali hujan pada sejumlah daerah di Sumatera Barat. “Alhamdulillah dalam satu pekan ini ada setidaknya satu kali hujan yang menguyur sebagian daerah Sumatera Barat, dan ini cukup membantu agar dampaknya tidak terlalu dirasakan masyarakat,” katanya.

Selain itu, kondisi cuaca di Sumatera Barat masih tergolong level aman, mengingat 70 persen dalam status kemarau. Peningkatan intensitas hujan sendiri diperkirakan akan mulai meningkat pada bulan Maret, dan April 2014. “Untuk bulan Mei dan Juni diperkirakan akan kembali mengalami peningkatan cuaca kemarau,” tuturnya.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia