Jumpa Pers, Kapolda Pastikan Benda Mencurigakan Bukan Bom

Ilustrasi. Polisi. Foto : Tribunnews
Ilustrasi. Polisi. Foto : Tribunnews

Setelah temuan benda mencurigakan, Polda Sumatera Barat menggelar jumpa pers di Mapolresta Padang, Sabtu (31/12/2016). Diketahui, benda tersebut bukan bom melainkan alat pendingin ikan.

Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basarudin menegaskan, jika benda yang ditemukan bukan bom. “Itu bukan bom, itu hanya sebuah alat pendingin ikan yang menggunakan kabel. Ini teror bagi masyarakat Padang, makanya kami minta tetap berhati-hati,” katanya saat jumpa pers.
Kapolda menyebut, setelah menerima laporan, pihaknya langsung menerjunkan tim Gegana dari Satbrimob Polda Sumbar ke Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina, Gajah Mada, Kota Padang. Sedangkan, tim lainnya membawa benda tersebut ke tempat lebih lapang untuk diledakkan.
“Peledakan itu dilakukan karena sudah menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) dari tim Gegana saat mengamankan benda diduga bom. Tapi, kalau benar yang ditemukan bom, akan ada lokasi khusus pula untuk meledakannya,” jelasnya.
Dijelaskan Kapolda, benda itu merupakan kotak berwarna putih yang didalamnya terdapat jeriken berisi air dan thermo fisher (alat mendinginkan ikan).
Saat ini, pihaknya juga masih melakukan penyelidikan dan menyisir sejumlah tempat yang disebut juga ada benda mencurigakan tersebut.
“Petugas di lapangan sudah melakukan pencarian terhadap pelaku ataupun oknum yang membuat keresahan masyarakat ini. Kita akan tangkap secepatnya,” ujar Kapolda.
Kapolda juga mengimbau masyarakat apabila menemukan benda yang mencurigakan agar langsung menghubungi pihak kepolisian dan bersikap tenang, lalu menyerahkan penanganannya kepada aparat keamanan.
“Tadi memang ada kesalahan yang dilakukan yakni mengangkat benda tersebut. Jika itu memang bom, kan bisa berakibat fatal,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait