Jokowi Diminta Komitmen Tuntaskan Kasus HAM

  • Whatsapp
Presiden RI, Joko Widodo. Foto : Istimewa
Presiden RI, Joko Widodo. Foto : Istimewa

Presiden Joko Widodo diminta membuktikan komitmennya untuk menuntaskan pelanggaran hak azasi manusia (HAM) di Indonesia.

Pembuktian itu bisa dilakukan dengan meminta Komnas HAM, untuk mengusut kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir dan kasus pelanggaran lainnya.

“Bebasnya Pollycarpus Budihari Priyanto tidak bisa disalahkan ke Jokowi. Itu karena masa pemerintahan SBY terlalu banyak memberikan remisi. Ini yang perlu difahami,” kata pengamat politik dan keamanan Universitas Syah Kuala, Aceh, Aryos Nivada kepada Aktual.co, Selasa (2/12).

Namun, Jokowi memiliki tanggungjawab besar untuk mengusut kasus pembunuhan Munir. Pollycarpus hanya eksekutor lapangan, sedangkan aktor intelektual dibelakang tewasnya Munir belum terungkap hingga kini.

“Nah, presiden Jokowi jika komit dengan penuntasan kasus HAM harus memerintahkan Komnas HAM mengusut tuntas sampai ke aktor intelektual pembunuh Munir,” tegas Aryos.

Jika tidak, maka Jokowi bisa disebut sebagai presiden yang hanya menggunakan isu HAM pada masa kampanye pemilihan presiden, namun tidak mengeksekusi kebijakan pro HAM saat menjabat presiden.
(Aktual.co)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait