Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Beranjak Naik

  • Whatsapp
Ilustrasi. Pasar Raya Padang. Foto : Ikhwan
Ilustrasi. Pasar Raya Padang. FOTO/IKHWAN
Ilustrasi. Pasar Raya Padang. FOTO/IKHWAN

Bahan-bahan pokok di sejumlah pasar di Sumedang dan Bandung mulai mengalami kenaikan harga menjelang datangnya Bulan Ramadhan.

Seorang pedagang di Puserba Jatinangor Resik, Kabupaten Sumedang, Sinambela mengatakan, kenaikan harga ini dipengaruhi karena makin sedikitnya bahan pokok yang beredar di pasar.

Permintaan bahan pokok yang semakin tinggi jelang datangnya Bulan Ramadhan juga turut mempengaruhi kenaikan harga. Khusus untuk telur menurut dia, kenaikan harga terjadi karena banyak pabrik kue yang memborong persediaan sehingga jumlah telur yang beredar di pasaran menjadi berkurang.

“Pabrik-pabrik kue memborong persediaan telur langsung dari kandang sebagai bahan pembuat kue sehingga jumlah telur di pasaran berkurang,” kata Sinambela, Minggu (1/6/2014). Dia mengatakan, harga telur yang awalnya hanya Rp16.500 rupiah per kilogram kini naik menjadi Rp18.500 rupiah atau naik dua ribu rupiah.

Selain telur, harga bahan-bahan pokok lain seperti ayam, tomat, bawang merah dan putih, minyak curah, hingga gula juga mulai mengalami kenaikan.

Misalnya ayam yang harga awalnya Rp28.000 per ekor kini naik menjadi Rp30.000 hingga Rp33.000 per ekor. Begitu juga dengan tomat yang harga awalnya Rp4.000 per kilogram naik menjadi Rp7.000 per kilogram.

Sementara itu Rosadi, salah seorang pedagang di Pasar Sehat Cileunyi mengatakan, tidak semua harga bahan pokok mengalami kenaikan. Menurut dia bahkan ada beberapa harga bahan pokok yang turun diantaranya daging sapi dan cabe merah.

Ia mengatakan, harga daging sapi yang awalnya Rp92.000 per kilogram turun menjadi Rp90.000 hingga Rp88.000 per kilogram.

Menurut dia, penurunan ini dipengaruhi banyaknya daging impor yang masuk ke pasaran.

“Tidak hanya daging, penurunan harga cabe pun turut dipengaruhi oleh banyaknya cabe impor yang masuk,” kata Rosad.

(Antara/Warta Ekonomi)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait