Jelang Lebaran, Ketersedian Bahan Pokok Aman di Sumbar

  • Whatsapp
Ilustrasi. Operasi pasar beras di Pasar Raya Kota Padang. Foto : Ikhwan
Ilustrasi. Operasi pasar beras di Pasar Raya Kota Padang. Foto : Ikhwan

Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat (Sumbar) menjamin ketersedian bahan pokok sepanjang bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1438 H dalam keadaan tercukupi. Hal ini juga berhubungan dengan harga bahan pokok yang terbilang stabil di pasaran.

Kepala Bulog Sumbar, Benhur menyebutkan, jika komoditas bahan pokok yang terbilang tinggi hanya bawang putih. “Hanya bawang putih yang masih terbilang tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET), sedangkan cabai merah terjadi penurunan sejak awal mula Ramadan. Untuk selebihnya, cukup stabil,” katanya di Padang, Rabu (13/6/2017).

Bacaan Lainnya

Benhur menambahkan, khusus untuk bawang putih, pihaknya akan melakukan stabilisasi harga dengan menyebar 10 ton bawang. “Ini langkah kita untuk menstabilkan harga selama Ramadan dan jelang lebaran nanti. Walau yang lain stabil, tapi bawang putih masih diatas standar HET yang ada,” jelasnya.

Nantinya, penyaluran bawang putih akan digelar melalui program Gerakan Stabilitas Pangan (GSP) dan Rumah Pangan Kita (RPK). “Penyalurannya sesuai dengan GSP dan RPK yang ada pada masing-masing daerah mitra Bulog,” terangnya.

Adapun yang dimaksud komoditas bahan pokok yang masih stabil oleh pihaknya, mulai dari gula, minyak goreng, bawang merah, cabai merah dan beras. “Meski meski tinggi, untuk komoditas bahan pokok lainnya persediaannya cukup,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait