Janjikan Lolos Bekerja, Karyawan Gadungan SP Dibekuk

Ilustrasi KaryawanSeorang pelaku penipuan berinisial DR (37) ditangkap jajaran Polsekta Kuranji, Kota Padang di rumahnya, Jalan Gadung Lubeg, Selasa (7/1) malam. Dia ditangkap karena telah menipu dengan modus bisa memasukkan korbannya kerja di PT Semen Padang.

Aksinya terungkap setelah kedua korbannya berinisial HR (35) dan AB (35) melaporkannya ke Polsekta Kuranji. Kedua korban itu menyebutkan, tidak kunjung adanya Interview oleh perusahaan, padahal mereka telah membeikan uang sebanyak Rp. 4 juta kepada pelaku.

Bacaan Lainnya

Kapolsekta Kuranji, Kompol Masrial mengatakan, saat ini pelaku telah diamankan, serta telah menyita barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp. 4 juta yang telah dipakai pelaku.

“Uang itu hanya bersisa seperempatnya karena sudah digunakan pelaku untuk biaya hidup sehari-hari,” katanya di Polsekta Kuranji, Padang, Rabu (8/1) sore.

Menurutnya, modus yang digunakan pelaku terbilang unik, yakni mencari informasi tentang orang yang tengah melamar pekerjaan di PT Semen Padang pada Media Internet. Kemudian, pelaku mengetahui alamat korbannya dengan mengaku sebagai karyawan, dan mengiming-imingi akan meloloskan untuk bekerja dengan syarat uang senilai Rp. 2 juta untuk satu orangnya.

“Saat itu memang kedua korban ini tengah mencari pekerjaan di anak perusahaan Semen Padang yakni PT Yasiga, lalu datanglah pelaku yang menyebut dirinya karyawan PT Semen Padang lengkap dengan seragamnya, kedua korban percaya begitu saja karena cara bicara pelaku yang sangat meyakinkan,” jelasnya.

Berdasarkan informasi, kedua korban telah menunggu selama satu bulan untuk dipanggil bekerja, tetapi pelaku tak kunjung datang. Lantas, korban pun mencari pelaku, tetapi sudah menghilang.

“Mereka berdua langsung melaporkan kepada kepolisian, untuk itu, kita lakukan pengintaian terhadap pelaku di rumahnya dan akhirnya bisa diciduk,” tuturnya.

Sementara, pelaku pun mengakui seluruh perbuatanya tersebut. Pelaku menyebut, aksi yang dilakukannya terbilang spontan. Pasalnya, dirinya juga tidak menyangka para korbannya itu akan mudah percaya begitu saja.

“Saya terdesak ekonomi pak, pekerjaan saya tidak ada, makanya ada peluang saya coba, tapi tetap saja gagal. Dulu saya juga pernah gagal menjadi karyawan Semen Padang. Kalau baju ini, saya beli di pasar pak,” katanya kepada polisi, tadi sore.

Pelaku sendiri akan dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. *Gs/ed*WN)

Loading...

Pos terkait