Jaminan Kesehatan Nasional Picu Semangat Masyarakat

Suasana pendaftaran BPJS di RS M Djamil Padang, Rabu (8/1). (Foto : Ikhwan)
Suasana pendaftaran BPJS di RS M Djamil Padang, Rabu (8/1). (Foto : Ikhwan)
Suasana pendaftaran BPJS di RS M Djamil Padang, Rabu (8/1). FOTO/IWAN

Tahun 2014, masyarakat boleh berbahagia atas hadirnya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Jaminan kesehatan ini bukan hanya untuk  kalangan tertentu saja, tetapi berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

BPJS telah beroperasi secara resmi sejak 1 januari 2013 lalu. Proses untuk menjadi anggota BPJS tak dipersulit, bagi peserta ASKES dan JAMKESMAS akan terdata secara otomatis menjadi anggota BPJS

Bacaan Lainnya

“Untuk peserta mandiri diwajibkan mendaftar secara mandiri pula. Cukup dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta foto yang bersangkutan,” kata Ketua BPJS Cabang Rumah Sakit (RS) M. Djamil Kota Padang, Selasa (21/1) siang.

Untuk peserta mandiri akan dikenakan biaya perbulannya. Namun, peserta mandiri bisa memilih kelas yang disanggupinya. Kelas tersebut, diantaranya kelas pertama > Rp. 59.500, kelas kedua > Rp.42.500 dan kelas ketiga > Rp.25.500. Saat ini tercatat sekitar 6700 masyarakat yang telah mendaftar menjadi anggota JKN di RS.M. Djamil Padang.

BPJS sendiri tak hanya berlaku di Puskesmas maupun Rumah Sakit Pemerintah saja, melainkan juga berlaku di Rumah Sakit kategori Swasta. Saat ini, ada empat yang RS Swasta yang telah tergabung, yakni RS.yos sudarso, RS. Ibnusina, RS.selaguri dan RS. Ropanaguri.

Sementara, RS.siti rahmah, RS. BMC dan RS. Semen Padang belum berlaku lantaran belum adanya kerjasama.

JKN dicanangkan oleh Pemerintah bertujuan memberikan jaminan pada seluruh lapisan  masyarakat indonesia agar tercapainya pelayanan kesehatan yang semakin baik dari tahun ketahunnya. Diharapkan, pada tahun 2019 nanti, semua lapisan masyarakat Indonesia telah terjamin sesuai dengan tujuan utama dari JKN itu sendiri.

Sampai saat ini respon dari masyarakat sangat bagus. Terbukti dengan banyaknya yang mendaftar dan terutama bagi peserta mandiri yang sebelumnya tidak memiliki jaminan. Maka dengan adanya JKN, mereka juga mendapatkan keadilan dari segi kesehatan.

“Saya merasa program JKN sangatlah menguntungkan masyarakat apalagi sudah mencakup nasional,sehingga keadilan ada terhdapa semua pihak, semoga kesehtana indonesia lebih dapat ditingkatkan dengan kualitas yang semakin hari semakain membaik,” kata salah seorang pendaftar JKN, Rusmiah di RS M. Djamil Padang.

Reporter : Fadhillah Habibul Hamda

Editor : WAN

Loading...

Pos terkait