Jabatan Segera Berakhir, DPRD Padang Bentuk 20 Prolegda

Gedung DPRD Padang
Gedung DPRD Padang
Gedung DPRD Padang

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Padang menggelar sidang pertama awal tahun 2014 di Gedung DPRD Padang, Sawahan, kota Padang, Kamis (2/1) tadi pagi. Dalam rapat pertama ini membahas terkait Program Legislasi Daerah (ProLegDa) Kota Padang tahun 2014, yang langsung disampaikan oleh Jon Roza Syaukani selaku Ketua Badan Legislasi.

Program itu sendiri terdiri dari 20 rancangan, yang berasal dari DPRD Padang sebanyak 8, dan 12 usulan Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Bacaan Lainnya

Ranperda yang disampaikan oleh DPRD, diantaranya Ranperda Inisiatif dari Badang Legislasi, Lanjutan pembahasaan penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima, dan lanjutan pembahasan pemberantasan perzinaan serta pelacuran.

Lalu, Ranperda Komisi, yakni lanjutan pembahasan penataan dan pengendalian menara telekomunikasi bersama oleh Komisi I. Lanjutan pembahasan penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern oleh Komisi II.

Kemudian, lanjutan pembahasan pemeliharaan sungai dan pembahasan pengelolaan sarana prasarana, dan fasilitas umum perumahan serta kawasan pemukiman oleh Komisi III. Terakhir, lanjutan pembahasan pengembangan fungsi dan peran perempuan dalam pembangunan berbasis Kelurahan oleh Komisi IV.

Sementara, Ranperda yang diusulkan oleh Pemko Padang, diantaranya keterangan rencana kota, rencana detail tata ruang kota kawasan pusat pemerintahan dan koridor By Pass, zonasi kawasan minapolitan wilayah pesisir maupun pulau-pulau kecil, pemenuhan dan perlindungan hak-hak penyandang disabilitas di Kota Padang, dan pertanggung jawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang tahun 2013.

Selain itu, APBD Kota Padang tahun 2014, APBD perubahan Kota Padang tahun 2014, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, pemberian nama jalan Kota Padang, bantuan hukum untuk masyarakat miskin, rencana penanggulangan bencana 2014-2019, dan rencana pembangunan jangka menengah Kota Padang untuk tahun 2014-2019.

“Inilah yang akan kita bahas nantinya, hal ini beriringan supaya Ranperda yang diusulkan dari DPRD Padang dan Pemko Padang dapat diputuskan secepatnya,” kata Ketua Badan Legislai, Jon Roza Syaukani di Gedung DPRD Padang, tadi siang. (Pty/ed*wn)

Loading...

Pos terkait