iPhone Anti Pecah, Apple Membuat Teknologi Baru

  • Whatsapp
iPhone. Foto : viva.co.id
iPhone. Foto : viva.co.id
iPhone. Foto : viva.co.id

Apple kembali membuat terobosan baru dengan menghadirkan teknologi yang membuat produk besutannya tidak akan gampang pecah. Mereka menyematkan sebuah sensor yang bisa mendeteksi iPhone saat akan terjatuh.

Teknologi ini telah dipatenkan oleh Apple pekan kemarin. Di dalamnya terlihat sebuah materi berbeda yang disematkan di salah satu sisi perangkat. Teknologi ini bisa digunakan untuk semua produk Apple, baik iPhone maupun iPad.

Bacaan Lainnya

Dilansir melalui Daily Mail, Senin 8 Desember 2014, Apple mendesain sebuah fitur sensor yang dapat mengukur kecepatan sebuah ponsel. Saat ponsel terjatuh, kecepatannya akan meningkat. Saat itulah sensor berfungsi.

Sensor tersebut kemudian akan secara otomatis membalikkan iPhone, sehingga bisa terjatuh di sisi yang telah ditentukan. Tepatnya di sisi yang lebih kuat.

Sisi tersebut pastinya tidak berada di dekat komponen kamera. Sensor akan mengalkulasi komponen-komponen rentan tersebut agar tidak menjadi yang pertama menyentuh dasar saat jatuh. Sebuah motor penggerak akan aktif secara instan dan mengubah bagian yang berada di bawah.

Sensor ini secara tidak langsung menggerakkan berat di dalam perangkat secara cepat untuk memberikan efek rotasi perangkat. Dengan demikian, perangkat akan berpindah sisi saat terjatuh.

Tidak hanya itu. Paten tersebut juga berisi sistem yang bisa mengeluarkan kabel headphone untuk menghindari kerusakan pada konektor.

“Ini merupakan inovasi yang pasti akan sukses. Memadukan ide yang belum dipikirkan oleh siapa pun. Seperti halnya menambahkan aksi giroskopik ke dalam smartphone,” ujar dosen ilmu sains di Oxford University, Victor Seidel.

Yang menjadi tantangan, kata dia, adalah menyematkan teknologi tersebut ke dalam perangkat yang supertipis seperti iPhone. Menurut dia, teknologi baru itu akan disematkan Apple ke iPhone dalam kurun tiga tahun ke depan. (art)

(viva.co.id)

Loading...

Pos terkait