Ini Kronologi Hilangnya Pesawat Air Asia

  • Whatsapp
Ilustrasi Pesawat Air Asia. Foto : Istimewa
Ilustrasi Pesawat Air Asia. Foto : Istimewa
Ilustrasi Pesawat Air Asia. Foto : Istimewa

Pesawat Indonesia, Air Asia Pesawat type Airbus A320 mengalami hilang kontak.  Namun pertanyaannya, mengapa itu bisa terjadi? Berikut kronologis sebenarnya.

“Pesawat itu belum ketemu. Masih hilang kontak,” ungkap Dirut Airnav Ignatius Bambang Tjahjono, kepada wartawan,  Minggu (28/12).

Bacaan Lainnya

Ignatius menjelaskan, bahwa pada pukul 06.16 WIB pagi, pesawat masih terpantau oleh radar, selanjutnya pada 06.17 WIB. Kemudian, pesawat hilang kontak dengan ATC. Lalu, pukul 06.18 WIB target hilang dari radar.

Ignatius menerangkan, awalnya pesawat sempat melakukan komunikasi ATC Jakarta, pukul 06.12 WIB pada ketinggian 140320.

“Pada saat kontak ATC radar Jakarta mengidentifikasi pesawat pada layar radar, pada saat kontak (pilot) pesawat menyatakan ingin menghindari awan ke arah kiri, dari rute M635 dan minta naik ke tinggian ke 38 ribu kaki,”.

Dia melanjutkan, pada pukul 06.16 WIB, pesawat masih terlihat di layar radar, kendati pukul 06.17 WIB, pesawat hanya nampak sinyal. Ketika itu, sekaligus pesawat hilang kontak dengan ATC.

“Pukul 06.18 target hilang dari radar, hanya tampak flight name trek,” katanya lagi.

“Dari ATC, kami sudah menyatakan interval, jadi tahap hilang kontak pada pukul 07.08 WIB, jadi alerva tahap lanjutan pesawat pada 07.28, kemudian pernyataan pesawat hilang pada 77.55 WIB.

Ia menambahkan, bahwa hingga saat ini, Tim Basarnas tengah terinformasi dan sedang melakukan pencarian lebih mendalam. “Basarnas sedang mencari,” tambahnya.

Pesawat jenis Airbus A320-200 ini membawa 155 penumpang yakni, 138 penumpang dewasa, 16 anak dan satu bayi, dua pilot, empat awak kabin dan satu teknisi. Pesawat tersebut diterbangkan oleh Kapten Irianto.

(Aktual.co)

Loading...

Pos terkait