Horeee, Gaji 13 dan THR Segera Cair

Sekda Prov Sumbar Ali Asmar.JPG
Sekda Prov Sumbar Ali Asmar.JPG
Sekda Prov Sumbar Ali Asmar.JPG
Sekda Prov Sumbar Ali Asmar. Foto : Istimewa

Semua akan senang dan bahagia ketika menerima gaji 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR). 

Ibarat ‘Ketiban Durian Runtuh‘ ketika dana itu cair. Terkait hal ini berdasarkan data dari Pemprov Sumbar, sebanyak 20 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menerima dana tersebut. Itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ali Asmar.

Muat Lebih

Hanya saja, sambungnya, harus bersabar dan menunggu petunjuk teknis (Juknis) pencairan. Sebab Pemprov masih menunggu akan payung hukumnya yakni Peraturan Pemerintah (PP) yang diterbitkan pusat.

Ketika PP itu telah ada, kemudian dibarengi dengan Surat Edaran dari Kementerian Keuangan akan Juknis pencairan. 

Terangnya, gaji 13 tersebut akan dibayarkan satu bulan gaji, termasuk tunjangan daerah. Sementara THR merupakan gaji pokok sesuai dengan golongan, pangkat dan ruang.

“Ya itu tadi masih menunggu PP dari pusat, jika sudah ada PP-nya dan SE itu akan langsung mengalir ke rekening masing-masing ASN,” ujar Ali Asmar.

Berdasarkan informasi, gaji 13 termasuk THR itu dikabarkan akan cair pada bulan ini (Juni) dan akan diterima 20 ribu ASN, yang mana sebanyak 12 ribu ASN merupakan perpindahan kewenangan SMA/SMK ke provinsi selebihnya merupakan ASN tetap di wilayah Pemprov.

Untuk anggaran sendiri, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Sumbar telah mengganggarkan 178 miliar untuk gaji 13 termasuk THR. Sebesar Rp93 miliar untuk gaji 13 dan Rp85 miliar untuk THR.

Agar prosesnya cepat dan tidak lamban, dipersilahkan masing-masing bendaraha dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengurusnya jelang keputusan pencairan.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia