Hingga Agustus, Komnas HAM Sumbar Tangani 68 Pengaduan

Komnas Hak Asasi Manuasia (HAM). Foto : Barata Media
Komnas Hak Asasi Manuasia (HAM). Foto : Barata Media

Pengaduan masyarakat terkait berbagai macam permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM) tetap meningkat di Sumatera Barat. Hal tersebut terlihat dari data pengaduan, penanganan dan penyelesaian Komisi Nasional (Komnas) HAM Sumbar.

Data yang dimulai dari bulan Januari hingga Agustus 2014 mencatat, setidaknya ada 68 kasus yang diadukan masyarakat kepada Komnas HAM Sumbar.

Baca Juga

Kepala Komnas HAM Sumbar, Sultanul Arifin mengatakan, 68 kasus itu terbagi dengan sejumlah bagian penanganan diantaranya diproses, mediasi dan dipantau.

“Untuk jumlah proses yang telah diproses maupun diselesaikan 67, tetapi proses penanganan setiap kasus itu kan terbagi, jadi ada yang tahap proses, mediasi dan dipantau,” katanya di Padang, Jumat (31/10).

Jumlahnya sendiri untuk kasus yang masih dalam proses sebanyak 2 kasus, dipantau 2 kasus, proses mediasi 3 kasus dan 1 telah diarsipkan. “Ini bagian dari penanganannya, jadi diantara kasus itu ada yang kasus baru dan ada yang lama,” jelasnya.

Disebut Sultanul, pengadu terbanyak masih tetap dari masyarakat. “Untuk sampai bulan Agustus, pengaduan terbanyak memang masih didominasi oleh masyarakat,” terangnya.

Selain itu, tuntutan terbanyak dari pengaduan yakni tuntutan hak atas keadilan atau hak atas kepastian hukum sebanyak 34 kasus, sedangkan 9 kasus lagi menuntut hak atas kesejahteraan. “Kedua tuntutan ini hampir sama dengan jumlah pada tahun 2013,” tuturnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia