Hindari Banjir, Hulu Sungai Dibersihkan

Jembatan Batu Busuak.
Jembatan Batu Busuak.
Jembatan Batu Busuak.

Menghindari terjangan banjir bandang (air bah) di Kota Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD PK) melakukan pembersihan diseputaran hulu sungai Limau Manis.

Sungai Limau Manis dibersihkan karena sering menjadi tempat asal banjir. Misalkan saja, pada bulan Ramadhan tahun 2013 lalu, kawasan itu mengalami air bah yang cukup besar.

Baca Juga

Pembersihan meliputi batang kayu, sampah, dan benda yang menghalangi aliran air sungai. “Kita mulai dari hari Rabu (12/2) kemarin. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi dampak banjir nantinya,” kata Kepala BPBD PK Kota Padang, Budhi Erwanto di Padang, Minggu (16/2) pagi.

Sekitar 50 personel diterjunkan untuk menelusuri seluruh hulu sungai Limau Manis. Dikatakan, Budhi, banjir bandang paling rentan terjadi karena adanya benda-benda maupun pohon tumbang hingga menghambat aliran sungai.

“Air itu akan selalu mencari dataran rendah, supaya bisa berjalan mulus, makanya harus ada pembersihan. Pasalnya, saat ini masih banyak benda-benda yang terdapat di hulu sungai,” jelasnya.

Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Limau Manis juga diterjunkan guna membantu pembersihan. ”Tim BPBD diturunkan sebanyak 20 orang dan tim dari KSB sendiri sebanyak 30 orang selama dua hari. Alat yang digunakan adalah mesin potong kayu (cainsaw) sebanyak 7 unit, lima besar dan dua cainsaw kecil,” pungkasnya. [W]

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia