Hari ini, Udara di Sumbar Buruk Akibat Kabut Asap

  • Whatsapp
Ilustrasi kabut asap di Kota Padang. Foto : Huda Putra.
Asap kiriman kebakaran lahan Provinsi Riau di Kota Padang. FOTO/HUDA PUTRA
Asap kiriman kebakaran lahan Provinsi Riau di Kota Padang. FOTO/HUDA PUTRA

Kabut asap semakin tebal menyelimuti hampir seluruh wilayah Sumatera Barat. Wilayah yang mengalami dampak cukup parah menimpa Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh.

Kepala Seksi Data dan Informasi Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kotobagang, Sugeng Nugroho menyebutkan saat ini di Sumatera Barat terdapat dua titik daerah yang mengalami dampak cukup parah akibat asap kiriman tersebut.

Bacaan Lainnya

“Dua daerah itu yakni Kota Bukittingi dan Kota Payakumbuh. Sedangkan, ada sejumlah daerah yang berada berdekatan dengan dua Kota itu seperti Kabupaten Agam dan Tanah Datar hampir menyamainya,” katanya di Bukittinggi, Sumatera Barat, Senin (10/3).

Disebut Sugeng, berdasarkan pantauan Satelit NOAH 18, saat ini hotspot (titik panas) di Pulau Sumatera berjumlah 210 titik. Provinsi Riau pun tercatat memiliki hotspot terbanyak yaitu sebanyak 82 titik.

“Untuk Sumatera Utara ada 47 titik, Aceh 69 titik sedangkan Sumatera Barat memiliki 1 titik yang terdapat di Kabupaten Pasaman Barat,” jelasnya.

Selain itu, kadar udara akibat asap tersebut tercatat sangat buruk hari ini. Pasalnya, kadar udara tercatat dari pos GAW Bukit Kotobagang adalah 381 ppm. “Dari hasil pantauan kita hari ini udara sangat tidak sehat. Data Aerosol PM 10 menunjukkan kadar udara mencapai 381 ppm,” katanya.

Untuk diketahui, apabila kadar udara melewati 380 ppm, disebut Sugeng, udara itu sangat tidak sehat jika dihirup. “Kuantitas kabut asap dari seminggu sebelumnya jauh naik. Jika tidak turun hujan di Provinsi Riau maupun Sumatera Barat kemungkinan kabut asap ini akan bertambah lagi,” tutupnya.

Loading...

Pos terkait