Hari Ini, Pelajar SMP Laksanakan UAS

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/DILIPUTNEWS
Ilustrasi. FOTO/DILIPUTNEWS
Ilustrasi. FOTO/DILIPUTNEWS

Pelajar jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) di Kota Padang mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) terhitung dimulai hari ini, Selasa (1/ 4) dan berakhir Sabtu (5/4) mendatang.

Hari pertama pelaksanaan UAS, sebanyak 13.427 pelajar SMP tengah melaksanakan ujian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Padang, Jelta Masri menyebutkan, naskah ujian pada tahun ini dibagi menjadi dua paket. “Selang dua pelajar itu paketnya berbeda-beda, misalkan si A paketnya B dan B paketnya A. Ini untuk memanilisir tindakan kecurangan,” katanya saat dihubungi via seluler.

Dia juga menekankan bahwa pembuatan hingga pendistribusian soal ujian tetap dijaga semestinya seperti pelaksanaan Ujian Nasional (UN). “Jika ada Kepala Sekolah maupun guru sekolah yang membocorkan atau membantu pelajar akan diberikan sanksi tegas,” tegasnya.

Seperti diketahui, UAS termasuk penentu pelajar dalam mendapatkan nilai akhir nantinya saat lulus. “Nilai akhir itu terbagi dua, 70 persen dari rapor dan 30 persen dari UAS serta UN. Untuk UAS sendiri sebanyak 60 persen sedangkan UN 40 persen,” jelasnya.

Sementara, untuk minimal nilai kelulusan, Jelta menyebut, setiap pelajar harus meraih rata-rata seminimalnya 5,50. “Nilai rapor, UAS dan UN lah yang nantinya akan menjadi penentu pelajar itu dinyatakan lulus atau tidaknya,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait