Hari Ini, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Puasa Perdana

  • Whatsapp
Ilustrasi Sholat Tarawih. Foto : HalloRiau
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang mengikuti Suluak. Foto : Ikhwan
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang mengikuti Suluak. Foto : Ikhwan

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah telah mulai berpuasa bulan Ramadhan, Jumat (27/6). Pasalnya, Kamis (26/6), para jemaah telah terlihat melaksanakan sholat Taraweh pertama kalinya di Musalla Baitul Makmur, Pasar Baru, Kota Padang.

Sekretaris Naqsabandiyah Kota Padang, Edizon Revindo menyebutkan alasan tentang mulainya puasa pada hari ini. Menurutnya, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah lebih dahulu puasa dengan dasar keyakinan menghitung tahun dalam Islam.

“Perhitungan setelah melihat bulan beberapa kali, di antaranya 1 Sya’ban, 8 Sya’ban, 15 Sya’ban dan 22 Sya’ban,” ujarnya.

Menurutnya dari perhitungan itu, sejumlah Imam Naqsabandiyah di sejumlah daerah yang ada di Sumbar, memutuskan sholat tarwih pada Kamis dan mulai puasa Ramadhan pada Jum’at 27 Juni 2014.

Selain di Kota Padang, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah juga tersebar di sejumlah daerah seperti Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Soslok Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kota Payakumbuh yang jumlahnya mencapai lima ribu jamaah.

Shalat sunat  Taraweh yag mereka laksanakan berjumlah 20 rakaat yang terdiri dari dua rakaat diikuti salam dan terakhir sholat witir satu rakaat dan berakhir salam.

(Afiliasi : KlikSumbar)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait