Hari Ini, Gunung Marapi 8 Kali Erupsi

Ilustrasi Gunung MeletusGunung Marapi yang terletak antara Kabupaten Agam dan Tanah Datar kembali erupsi dengan mengeluarkan awan berwarna kelabu tebal mencapai tinggi 700 meter dari kawah aktif, Rabu (8/1) tadi siang.

Erupsi sendiri terjadi sebanya dua kali, yang pertama sekitar pukul 12.31 WIB dengan tinggi asap 700 meter, dan kedua pada pukul 13.23 WIB dengan tinggi 600 meter.

Bacaan Lainnya

Hingga sore ini, data Pos Pengamat Gunung Marapi mencatat telah terjadi delapan kali erupsi dan empat kali gempa tremor. Selain itu, empat kali gempa tremor dan lima belas kali gempa Tektonik lokal, serta empat kali gempa Tektonik jauh juga terjadi sepanjang hari ini.

Salah seorang Ahli Geologi Sumatera Barat, Ade Edward menyebutkan, hingga saat ini sekitar kawasan Gunung Marapi tertutup oleh kabut tebal. Dirinya menghimbau agar warga sekitar kawasan, terutama kawah gunung supaya dapat waspada guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Dari tadi siang telah terjadi delapan kali erupsi. Pantauan kita, hingga sore ini kabut tebal masih membumbung dan menutupi Gunung Marapi aktif tersebut,” katanya saat dihubungi via Telephone, sore.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar juga telah mengisyaratkan kepada masyarakat agar berhati-hati, dengan menginformasikan status waspada terhadap Gunung Marapi tersebut.

Sumber Data : PVMBG Pos Pengamatan Gunung Marapi Sumbar.

Loading...

Pos terkait