Hari Ini, Diprediksi Wilayah Sumbar Bakal Diguyur Hujan

Ilustrasi hujan. Foto : Solopos
Ilustrasi hujan. Foto : Solopos

Hampir seluruh daerah Sumatera Barat akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang mulai hari ini, Sabtu (20/9) hingga besok, Minggu (21/9). Hal tersebut dari pantauan citra satelit prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kataping, Kota Padang.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Kataping, Budi Samiaji menyebutkan, potensi hujan bervariasi terjadi pada sejumlah daerah di Sumatera Barat.

Baca Juga

“Bervariasi, untuk potensi hujan ringan hingga sedang pada pagi dan sore hari diperkirakan terjadi pada Kota Padang, Padang Pariaman, Tanah Datar, Kota Pariaman, Kayu Tanam-Lembah Anai, Agam dataran tinggi, Bukittinggi, Sitinjau Laut, Sebagian Solok, Sebagian Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Padang Panjang,” katanya.

Lanjutnya, untuk potensi hujan lebat dengan durasi singkat pada sore hingga malam hari diperkirakan akan terjadi di Mentawai, Agam (Tiku dan sekitarnya), Padang, Pasaman Barat, Kota Pariaman, Padang Pariaman, Sebagian Pasaman Barat.

“Sedangkan, potensi hujan ringan pada sore hingga malam hari diperkirakan akan terjadi pada Sawahlunto, Sijunjung, 50 Kota,  Batusangkar, Tanah Datar, Payukumbuh, Sebagian Solok Selatan, sebagian Sijunjung,” jelasnya.

Selain itu, terkait arah angin, disebut Budi saat ini dari Timur menuju Barat. “Untuk kecepatannya sendiri berkisar dari 8 hingga 35 Kilometer/jam. Sedangkan, gelombang laut di Perairan Mentawai berkisar dari 2,0 hingga 2,5 meter,” tuturnya.

Sementara itu, prakiraan cuaca ini sendiri akan berlangsung dimulai hari ini pada pukul 07.00 dan berakhir besok, Minggu pada pukul 07.00 WIB. Diprediksi dengan adanya potensi hujan ini dapat mengurangi intensitas kabut asap di Sumatera Barat.

Untuk diketahui, Kota Padang sejak Jumat (19/9) sore sampai hari ini masih diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Loading...

Rekomendasi