Harhubnas di Sumbar Diperingati Dengan Sepeda Santai

Ilustrasi Dinas Perhubungan.
Ilustrasi Dinas Perhubungan.
Ilustrasi Dinas Perhubungan.

Ketertiban dalam berlalu lintas memang sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena faktanya, saat ini lebih banyak kendaraan dan pertumbuhan penduduk, sementara jalan masih itu saja yang dilalui. Karena sudah crowded itulah, maka diperlukan ada kesadaran dalam berlalu lintas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar, Ali Asmar saat menghadiri sepeda santai dalam rangka Hari Perhubungan Nasional di Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (14/9) menyampaikan, betapa pentingnya penerapan tertib lalu lintas diterapkan bagi masyarakat.

“Penduduk selalu bertambah setiap harinya, sementara infrastruktur jalan masih tetap seperti itu juga, ini sangat dibutuhkan kesadaran,” katanya kepada wartawan.

Ia menambahakn dengan adanya Hari Perhubungan Nasional ini, diharapkan masyarakat juga lebih paham tentang bagaimana tertib berlalulintas tersebut dan mematuhi semua aturan yang ada. “Kalau sudah tertib, bagaimanapun crowded nya akan bisa teratasi dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kadishubkominfo Sumbar, Amran mengatakan,  setiap tahunnya pada bulan September, Kementerian Perhubungan RI memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang dilaksanakan oleh seluruh insan Perhubungan di seluruh Indonesia, termasuk Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informartika (Dishubkominfo) Provinsi Sumatera Barat.

Dishubkominfo Provinsi Sumbar pada tahun ini kembali menggelar serangkaian acara untuk memeriahkan HUT tersebut. Adapun acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, Pekan Keselamatan Lalu Lintas yang dimulai sejak 1 September 2014 lalu, dan acara puncak Harhubnas yakni Fun Bike (sepeda santai) dan senam massal pada hari ini di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

“Selain itu, juga ada aksi donor Darah yang digelar pada hari ini (15/9) di Kantor Dishubkominfo Provinsi Sumbar serta upacara bendera pada Rabu (17/9) yang dilanjutkan dengan Anjang Sana ke Panti Asuhan. Sejauh ini berbagai persiapan pun mulai dilakukan oleh panitia,” tuturnya.

Untuk sepeda santai contohnya, ratusan masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Berbagai doorprize diberikan kepada para peserta sepeda santai, ditambah lagi dengan hiburan band yang membuat acara yang digelar pada pukul 06.00 WIB tersebut sangat meriah.

Selain pegawai dan staf yang ada di lingkungan Dishubkominfo Sumbar, pihak-pihak yang terlibat dalam kepanitiaan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2014 antara lain, UPT Ditjen dan Badan, Cabang BUMN serta Mitra Kerja di jajaran Perhubungan Provinsi Sumbar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang dikabarkan berhalangan menyempatkan diri untuk melepas para peserta sepeda santai dan setelah itu langsung pergi karena ada keperluan lain.

“Tidak itu saja, juga ada penyematan pin selama berlalu lintas, serta pemasangan helm pengaman,” singkatnya.

Loading...

Rekomendasi