Harga Gas 12 Kg Melonjak, Ini Kata Hiwana Migas Sumbar

DSC02067Menyikapi terkait kenaikan harga Gas Elpiji tabung 12 Kg di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, Wakil Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiwana Migas) Sumatera Barat (Sumbar), Ridwan menanggapi polemik yang saat ini tengah Bumming di tengah-tengah masyarakat tersebut.

Dirinya mengatakan, sebelum kenaikan harga Gas Elpiji tabung 12 Kg, banyak para pedagang mengaku lumayan susah untuk mendapatkannya. Pasalnya, pihak Pertamina sepengatahuannya melakukan pembatasan distribusi atau alokasi untuk daerah Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Kalau dikatakan langka tidak juga, tetapi sebelum kenaikan memang agak susah mendapatkannya. Hal ini bukan karena adanya pengurangan jatah dari Pertamina, tetapi lebih kepada pembatasan distribusi,” katanya di kawasan Pondok, Kota Padang, Jumat (3/1) tadi siang.

Untuk meningkatkan jumlah distribusi, khususnya Gas Elpiji tabung 12 Kg oleh Pertamina ke daerah Sumbar, Ridwan menyarankan agar masyarakat maupun pedagang dapat menyampaikannya langsung kepada kepala daerah, terutama Gubernur.

Hal ini karena rekomendasi untuk penambahan jatah merupakan kewenangan dari pihak Pemerintah setempat. “Jika ingin menambah kuota atau jatah dari Pertamina, saya sarankan masyarakat langsung sampaikan kepada kepala daerah, karena itu wewenang mereka,” tuturnya.

Hingga saat ini, sejumlah pedagang mengaku resah terhadap kenaikan harga sangat melambung tersebut. “Benar, banyak para pedagang terutama ibu rumah tangga mengeluh dengan kenaikan harga ini, dan tak tertutup kemungkinan akan banyak masyarakat yang beralih menggunakan Gas Elpiji tabung 3 Kg,” ujarnya.

Hiwana Migas Sumbar sendiri mengaku tidak bisa berbuat banyak, lantaran peraturan yang dikeluarkan Pertamina terkait kenaikan harga diberlakukan untuk seluruh daerah di Indonesia. “Kita tak bisa berbuat banyak, karena kebijakan itu dilakukan Pertamina untuk seluruh daerah Indonesia, alias merata,” tutupnya.

Reporter : Amrul Khalid

Editor : TRY

Loading...

Pos terkait