Rupiah hampir tembus Rp 12.000/USD, bagaimana nasib investasi?

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika atau USD kembali melemah. Rupiah hampir tembus level Rp 12.000 per USD. Kepala BKPM Chatib Basri yakin, walaupun Rupiah melemah, tidak akan berdampak pada investasi yang sudah direncanakan.

“Kalau untuk rencana investasi yang sudah ada di pipeline tetap jalan dan tahun depannya kita akan lihat lagi apakah memang ada dampak yang signifikan maupun kebijakan moneter secara umum,” ucap Chatib Basri di Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/11).

Chatib mengakui, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan apakah melemahnya Rupiah berdampak pada menurunnya nilai investasi. Menurut Chatib, yang menjadi pertimbangan investor untuk masuk adalah konsistensi antara sumber pembiayaan dengan pendapatan hasil investasi.

Mantan Wakil Menteri Keuangan ini yakin, pelemahan Rupiah tidak membuat investor panik dan menarik komitmen investasinya. “Tapi kalau di portofolio dan pasar modal tentu ada pengaruh sementara. Tapi kalau investasi langsung melihatnya dari segi jangka panjang bukan gejolak hari ke hari,” tegasnya.

“Harapannya jaga momentum investasi langsung yang tinggi dan bisa terus menopang pertumbuhan karena mungkin pertumbuhan ekonomi tidak akan setinggi yang lalu tapi juga kalau bisa jangan turun terlalu jauh,” tutupnya.

sumber:merdeka.com

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia