Gunung Talang Berstatus Waspada Level II

Gunung Talang.
Gunung Talang.
Gunung Talang.

Gunung Talang, Kabupaten Solok kembali menunjukkan kenaikan aktifitas dengan mengeluarkan hembusan asap tebal semenjak sepekan terakhir. Hal ini berdampak naiknya status Gunung Talang dari sebelumnya Waspada Level I menjadi Waspada Level II.

“Peningkatannya masih dikategorikan tidak tinggi, karena hanya hembusan debu asap sesekali, dan itu pun tidak terlalu tinggi,” kata Ketua IAGI Sumbar, Ade Edward saat dihubungi via seluler, Senin (10/2) sore.

Bacaan Lainnya

Penetapan Waspada telah terjadi semenjak tahun 2012 silam, dan itu pun juga diberlakukan pada Gunung Marapi yang terdapat di Kabupaten Agam. “Semenjak 2012 kenaikan level tersebut. Tetapi yang terlihat cukup naik signifikan adalah Gunung Marapi,” jelasnya.

Ade menghimbau agar warga setempat tidak terlalu panik dalam hal ini. Disamping itu, masyarakat agar tidak mendekati maupun memasuki kawasan Puncak dalam pada radius 2,5 Kilometer.

Sementara, pengamat Gunung Talang, Dalifa membenarkan peningkatan status Gunung Talang tersebut. Peningkatan Gunung api aktif di Indonesia itu terlihat dari adanya pergerakan Tektonik pada posko pemantauan.

“Sepekan ini ada peningkatan pergerakan Tektonik, ini ditandai adanya pergerakan kegempaan pada alat pencatat di posko pemantauan Gunung Talang,” katanya.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia