Gubernur Sumbar Himbau Pemprov Riau Atasi Asap

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto : Kabarpadang

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengingatkan Pemerintah Provinsi Riau agar melakukan langkah antisipasi cepat dalam mengatasi kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur, Jumat (28/2) menyikapi dampak kabut asap dari Provinsi Riau yang telah sampai di sebagian wilayah Sumatera Barat dan menganggu penerbangan di BIM (Bandara Internasional Minangkabau).

Bacaan Lainnya

Laporan yang diterima Gubernur, kualitas udara pada Kota Bukittinggi dan Kabupaten Pasaman Barat saat ini semakin memburuk lantaran terkontaminasi kabut asap kiriman dari Provinsi Riau.

Bahkan, sejumlah masyarakat di wilayah tersebut pun telah mulai terkena serangan infeksi saluran pernafasan. “Saya sudah terima laporan kualitas polusi udaranya di atas ambang batas di dua daerah tersebut Kota Bukitinggi dan Pasaman Barat,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat yang bertempat tinggal pada perbatasan Provinsi Riau agar menggunakan masker, terutama saat aktifitas diluar rumah. Sebagai antisipasi meluasnya efek kabut asap saat ini Pemprov Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan 10 ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat.

Sementara, terkait erupsi Gunung Marapi, Gubernur menyampaikan, sejak setahun terakhir Gunung Marapi dalam status waspada. “Marapi sudah setahun lebih dalam kondisi status wapada. Sebetulnya, kejadiannya sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Tapi, heboh karena, dikaitkan dengan erupsi Kelud dan Sinabung,” tutupnya. [Afiliasi:Kliksumbar.com]

Editor : WAN

Loading...

Pos terkait