Gubernur Apresiasi Keaktifan KI Sumbar Ditengah Pandemi Corona

Padang – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi atas keaktifan yang Komisi Informasi (KI) Sumbar, walau ditengah Pandemi Covid-19.

“Meski pandemi KI Sumbar tidak mati suri, tetap aktif dan pro-aktif dalam melaksanakan amanat menurut Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Irwan Prayitno dalam rilis Monev KI Sumbar 2020 di Aula Dinas Kominfo Sumbar, Rabu 1 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

KI sebagai lembaga yang dibiayai oleh negara, termasuk seluruh badan publik, menurut Gubernur harus terbuka dan transparan.

“Dengan keterbukaan informasi publik itu bentuk pertanggungjawaban atas uang rakyat.
Keterbukaan informasi bagi semua lembaga ini adalah keniscayaan dan keharusan serta kewajiban untuk terbuka, boleh tertutup untuk informasi dikecualikan diatur undang-undang,” jelas Irwan Prayitno.

Gubernur berpesan, tidak ada alasan pandemi untuk tidak mengawasi.

“Pengawasan dalam bentuk Monev harus lebih digenjot lagi, karena banyak anggaran dikucurkan saat covid-19 yang publik berhak untuk tahu kegunaannya,” pesan Irwan.

Sementara itu, Ketua KI Sumbar Nofal Wiska menekankan, Monev 2020 dalam rangka memastikan pengelolaan informasi publik saat pandemi tetap eksis.

“Keterbukan informasi publik saat pandemi justru harus diperkuat supaya akses informasi publik tetap mudah untuk masyarakat apalagi informasinya sarat informasi kategori serta merta,” kata Nofal.

Senada, Ketua Panitia Monev Badan Publik Tanti Endang Lestari mengatakan, untuk tahun 2020 akan dilakukan pembagian kuisioner secara online.

“Besok quisioner isian mandiri kita bagikan secara online kepada badan publik dengan modul tata cara pengisiannya dan diserahkan kembali ke KI Sumbar pada 16 Juli 2020,” kata Tanti yang juga Komisioner Bidang Kelembagaan KI Sumbar.

Loading...

Pos terkait