Gerakan Pelopor Selamat Lalu Lintas Dicanangkan

Gubernur Irwan Prayitno, Basril Djabar, Zaitul Ikhlas dan Kapolda Brigjen Nur Ali FOTO/KLIKSUMBAR

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberi apresiasi dan penghargaan kepada Polri dan jajarannya yang telah mengambil langkah konkrit melalui sebuah kampanye efektif yaitu Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. Ini merupakan sebuah gerakkan moral meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan masyarakat akam arti penting keselamatan dan ketertiban di jalan raya.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam apel pencanangan Gerakan Nasional Pelapor Keselamatan Berlalu Lintas di Lapangan Imam Bonjol Padang, Minggu (26/1). Hadir dalam upacara itu Kapolda Sumbar, Fokopimda, Kadis Perhubungan dan beberapa pajabat Polda Sumbar.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, keselamatan pada hakekatnya merupakan prinsip dasar bagi setiap orang dalam berlalu lintas. Namun ada dua hal penyebab yang terjadi di lapangan. Pertama, perilaku para pengendara kenderaan bermotor dengan kebiasaan yang tidak sehat, seakan-akan saling berlomba untuk cepat sampai tujuan dan tidak ada yang mau mengalah. Penyebab kedua, karena jumlah manusia dan kendaraan yang semakin bertambah.

Data kepolisian pada tahun 2013 menyebutkan angka kematian di jalan raya berjumlah 2.096 orang, setara dengan 69 perhari dan perjam lebih tiga jiwa melayang. Hal ini juga menunjukan bahwa kematian akibat kecelakaan lalu lintas merupakan masuk sepuluh besar penyebab utama kematian manusia di dunia.

Pencangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas ditandai dengan pelepasan balon ke udara serta memberikan selendang pelopor keselamatan di jalan raya pada dua tokoh masyarakat yaitu H. Basril Djabar dan H. Zaitul Ikhlas.

Loading...

Pos terkait