Genta Andalas Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

  • Whatsapp
Wakil Direktur Harian Rakyat Sumbar, Montosori saat memberikan seminar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar di PKM Lantai I, Unand. FOTO/HP
Wakil Direktur Harian Rakyat Sumbar, Montosori saat memberikan seminar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar di PKM Lantai I, Unand. FOTO/HP

Genta Andalas (Unit Kegiatan Mahasiswa PERS) mengadakan Pekan Jurnalistik V (lima) yang mengusung tema “Kreativitas Tiada Batas”. Dalam rangkaian kegiatannya termasuk Seminar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar IX bertempat di Ruang Seminar PKM Lantai I, Universitas Andalas (Unand) Padang.

Seminar ini sendiri diadakan selamat dua hari terhitung Sabtu (8/3) hingga berakhir pada Minggu (9/3). “Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini merupakan bagian dari acara Pekan Jurnalististik V pada hari keenam pelaksanannya,” kata Ketua Panitia Pelaksana, David.

Bacaan Lainnya

Pimpinan Umum Genta Andalas, Abdrian langsung membuka secara resmi Seminar Pelatihan Jurnalistik tersebut. Adapun pematerinya yakni Wakil Direktur Harian Rakyat Sumbar, Montosori.

Dalam presentasinya, Montosori mengingatkan kepada para peserta bahwa menjadi seorang Jurnalis bukanlah hal yang mudah. “Banyak yang menganggap profesi wartawan itu mudah, wawancara lalu menulis berita, padahal sebenarnya menjadi seorang jurnalis itu seperti seorang peneliti, harus melakukan penelitian,  dan harus mengetahui konstitusi serta tata cara menghadapi narasumber,” ujar Montosori yang juga Wakil General Manager (GM) Harian Rakyat Sumbar.

Dihadapan sekitar 150 peserta, Montosori juga mengungkapkan bahwa saat ini cukup sulit mendapatkan wartawan yang berkompeten. “Karena banyak orang beranggapan, kalau menjadi wartawan itu merupakan sarjana lulusan kelas tiga. Sehingga, banyak pola pikir para sarjana saat sekarang, habis lulus ingin jadi pegawai kantoran,” terangnya.

Selain diskusi, pelatihan ini juga mengangkat sebuah kasus yang harus diselesaikan oleh para peserta. Terutama, segi praktek cara mewawancarai dan menulis berita yang dikategorikan berkualitas.

Pekan Jurnalistik V ini juga dimeriahkan dengan kegiatan seperti lomba News Presenter, fotografi, menulis esai, karikatur, cerpen dan debat tingkat SMA.

Reporter: Putra

Editor : MR

Loading...

Pos terkait