Gempa, Segmen Sianok Bergeser

BMKG Stasiun Geofisika Padangpanjang, Sumatera Barat merilis data gempa bumi. Peristiwa tersebut terjadi Kamis (21/9/2017), dengan paramater kekuatan 3,9 skala richter (SR) berpusat di darat.

Kedalaman hiposenter 10 Kilometer dengan titik kordinat terpusat pada 0.67 Lintang Selatan dan 100.63 Bujur Timur atau sekitar 14 kilometer Utara Solok. Kata Kepala Stasiun Gefisika Kelas 1 Silaing Bawah, Padangpanjang Rahmat Triyono, itu mencirikan aktifitas sesar Sumatera (Segmen Sianok), karena melihat dari posisi sumber gempa bumi dengan kedalaman hiposenter dangkal.

Baca Juga

Rahmat menerangkan, jika segmen tersebut memiliki kecepatan pergeseran 23 mm/tahun dengan tipe pergeseran, dan segmen tersebut terbentang pada sepanjang 90 Km dari Ngarai Sianok di Bukittinggi sepanjang sisi Timur Danau Singkarak dan berakhir di ujung Selatan danau.

Belum ada rilis korban jiwa atau kerusakan, akan tetapi kekuatan gempa tersebut terasa sampai daerah Padangpanjang, Solok dan Padang. Sebelumnya di 1926 pernah terjadi, dan itu pernah menelan korban jiwa dan kerusakan mulai ringan sampai berat. Pada saat itu kekuatan gempa dengan parameter 6,7 SR, dan korban jiwa tercatat sebanyak 354 jiwa dengan 2.383 rumah rusak sedang dan berat.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia