Gelar Razia, Satpol PP Padang Amankan 4 Pengamen

Ilustrasi pengamen jalanan.
Ilustrasi pengamen jalanan.
Ilustrasi pengamen jalanan.

Sejumlah pengamen yang tengah asyik duduk pada perempatan lampu merah PT Pos Indonesia, Veteran, Kota Padang langsung berlarian setelah melihat para petugas Satpol PP Padang yang akan mengejar mereka, Rabu (15/1) pagi.

Akibatnya, kejar-kejaran pun tak terelekkan antara petugas dengan para pengamen, tetapi petugas berhasil mengamankan sebanyak empat pengamen tersebut.

Bacaan Lainnya

Penangkapan empat pengamen ini dilakukan setelah adanya atensi langsung dari Walikota Padang, Fauzi Bahar terkait maraknya pemerasan yang dilakukan oleh para pengamen, terutama terhadap para penumpang angkutan umum.

“Tadi sempat kami kejar-kejar dengan para pengamen ini, mereka berlari berpencar sehingga kami juga sedikit kewalahan. Tapi, petugas berhasil mengamankan empat orang pengamen jalanan itu,” kata Kasi Trantib Satpol PP Kota Padang, Amrizal Rengganis, siang.

Petugas juga memeriksa tas yang dibawa para pengamen, tapi petugas hanya menyita gitar serta peralatan lain yang mereka gunakan. “Dalam tas mereka hanya ada baju, tidak ada senjata tajam ataupun lem,” jelasnya.

Keempat pengamen tersebut saat ini tengah dilakukan pemeriksaan intensif dan diamankan sementara di sel tahanan Mako Pol PP Padang. Mereka disuruh membuat perjanjian untuk tidak lagi mengulangi perbuatan mereka dan melakukan pemerasan terhadap penumpang.

“Kita juga menghubungi orangtua mereka masing-masing karena rata-rata yang tertangkap ini masih berumur 17 tahunan,” tutupnya.

Salah seorang pengamen, Jerry (16) mengungkapkan, sewaktu diamankan petugas, dia tengah duduk bersama temannya. Bahkan, dirinya menampik jika semua pengamen itu berbuat pemaksaan maupun pemerasan.

“Tidak semuanya pemeras pak, kami mengamen hanya untuk makan, kalau tidak dikasih ya tidak apa-apa, kami pantang memeras pak,” tegasnya kepada petugas. (Gs/ed*Wn)

Loading...

Pos terkait