Fakta Lain Dibalik Mengkonsumsi Coklat

Coklat
Coklat
Coklat

Coklat yang banyak digemari manusia apalagi anak-anak karena rasanya yang enak dan manis membuat kita ingin mengkonsumsi nya, namun ada fakta lain dari coklat tersebut. Ternyata coklat bisa membunuh hewan peliharaan juga seperti anjing, tikus, kucing, dan lainnya. Sebab  Coklat mengandung alkaloid-alkaloid seperti  theobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis bagi tubuh pengkonsumsi-nya.

Adanya kandungan theobromin  yang terdapat didalam coklat bisa menjadi racun didalam tubuh  untuk beberapa hewan yang mengkonsumsinya. Penyebabnya adalah karena metabolisme didalam tubuh hewan itu seperti anjing tidak dapat mencerna kandungan kimia yang terdapat didalam coklat tersebut secara efektif.

Coklat bisa membunuh anjing karena dapat mempengaruhi jantung dan susunan syaraf nya secara cepat.akubatnya,Bila anjing atau hewan peliharaan lain diberi makan cokelat maka kandungan theobromin akan tetap berada dalam aliran darah nya hingga 20 jam, akibatnya anjing mungkin mengalami kejang-kejang, muntah-muntah, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian.

Penanggulangannya adalah dengan merangsang anjing tersebut agar memuntahkan cokelat yang dimakannya dan secepat mungkin membawa anjing tersebut  ke dokter hewan.

Coklat murni yang berwarna hitam lah yang paling berbahaya untuk binatang peliharaan ini,karena didalamnya banyak mengandung theobromin atau kofein dalam istilah manusia nya.

Reporter : Lailatul Himni

Loading...

Pos terkait