Etape I Tour de Singkarak 2014, Keliling Piaman Laweh

  • Whatsapp
Tour de Singkarak.

 

Tour de Singkarak.
Tour de Singkarak.

Etape I Tour de Singkarak (TDS) 2014 sudah dilepas pukul 13.00 WIB di Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang. Pembalap yang terdiri 18 tim dari 23 negara berlaga dalam etape sepanjang 98 kilometer ini. Ibaratnya etape satu TDS 2014 ini adalah keliling Piaman Laweh

Setelah seremonial start, dilanjutkan dengan real start di Kiambang Resto, terus menuju Sicincin, Pasar Sungai Sariak, Simpang Jagung dan berputar ke Kurai Taji, terus ke Nan Sabaris Pauh Kambar, pembalap berputar ke kanan menuju Pasar Pakandangan.

Dari Pasar Pakandangan pembalap terus menuju Sicincin, balik ke Kiambang, melaju ke Lubuk Alung, berputar kembali ke Pauh Kambar, belok ke Ulakan dan lewat di depan makam Syech Burhanudin, Sunur, masuk ke Pasar Kurai Taji.

Dari Pasar Kurai Taji, ada jalan besar untuk sprint sepanjang 80 meter terus ke Simpang Terminal Jati terus ke Simpang Tabuik, Sport Hall Pariaman dan finish di Pantai Gandoriah. 

Perhelatan akbar Tour de Singkarak (TDS) 2014 ini resminya digelar pada Jum’at (6/6) malam di Pantai Tiram, Padang Pariaman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Bupati Padang Pariaman H. Ali Mukhni dan Ketua PB ISSI Edmound JT Simorangkir melakukan pemukulan gendang tasa.

Pembukaan Tour de Singkarak 2014 begitu semarak dengan penampilan dari Nidji yang membawakan lagu-lagu hits mereka di depan masyarakat Sumatera Barat dan peserta Tour de Singkarak 2014.

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam momen istimewa ini menampilkan Kolaborasi Seni Tradisi yang menggelar seni musik Gandang Tambur, Dampiang, Indang, Bakiak, Gendang Tasa dan Rabab Piaman.

Penampilan 25 seniman dari kelompok Art Birama dibawah asuhan Pemkab Padang Pariaman ini dikreasikan oleh musisi Susandra Jaya dan khusus dipersembahkan untuk Tour de Singkarak 2014.

Edisi ke-6 Tour de Singkarak yang akan menjelajahi keindahan alam dan seni budaya 18 kota dan kabupaten di Sumatera Barat dari 7 hingga 15 Juni 2014 ini menempuh jarak 1.150 kilometer.

(Afiliasi : KlikSumbar)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait