Dua TPS Untuk Narapidana LP Muara Padang

  • Whatsapp

 

Narapidana LP Muara Kota Padang menggunakan hak pilih. FOTO/HUDA PUTRA
Narapidana LP Muara Kota Padang menggunakan hak pilih. FOTO/HUDA PUTRA

Sekitar 900 narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Muara menggunakan hak pilihnya di TPS 10 dan 11, Kota Padang, Rabu (9/4). Kedua TPS tersebut berada dalam LP Muara yang terdiri dari 18 petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara).

Kepala LP Muara, Destri Syam menyebutkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdaftar diajukan pihaknya 10 Maret 2014 awalnya sebanyak 879 orang. Kemudian, 27 Maret 2014 kembali ditambah sebanyak 63 orang.

“Total yang memilih disini (LP Muara) ada berjumlah 942 orang. Pengajuan ini dilakukan sebanyak dua kali karena ada narapidana yang bebas, sedangkan 63 orang yang kita ajukan itu termasuk narapidana baru melalui formulir A-5 KPU, termasuk petugas yang bertugas pada hari pencoblosan,” katanya.

Ia menambahkan, untuk menimalisir angka Golput (Golongan Putih), pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi bersama KPU Kota Padang pada 26 Maret 2014 lalu.

“Kita sudah himbau seluruh narapidana maupun petugas agar memilih. Ini merupakan hak mereka sesuai yang diatur oleh UU No.8 tahun 2012 yang berisi bahwa setiap warga yang telah berusia 17 tahun berhak menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Selain itu, ada setidaknya lima narapidana yang bebas tepat hari pencoblosan digelar. Pihak LP Muara sendiri menganjurkan mereka agar menggunakan hak pilihnya terlebih dahulu sebelum keluar.

“Ada lima orang yang bebas, empat kasus perjudian dan satu kasus pencurian. Kelimanya itu masuk dalam DPT, walaupun bebas hari ini, tapi kami tetap mengimbau mereka untuk menggunakan hak pilihnya dulu sebelum keluar,” harapnya.

Terlihat ada salah satu Caleg DPRD Kota Padang yang saat ini tengah menjalani masa hukumannya juga tampak menggunakan hak pilihnya. Namun, Kalapas Muara tidak bisa memastikan jumlah fix (pasti) Caleg yang berada di LP Muara tersebut.

“Saya tidak memprediksi itu, apakah ada atau tidaknya. Pokoknya seluruh narapidana atau warga binaan bisa memilih,” tuturnya.

LP Muara sendiri mengerahkan setidaknya 10 petugas keamanan, 18 petugas KPPS dan sejumlah dokter maupun perawat dalam pelaksanaan Pileg 2014.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait