Dua Tembakan Peringatan, Polisi Tangkap Empat Pelaku Curanmor

  • Whatsapp
Empat pelaku Curanmor diamankan di Polsek Pauh, Kota Padang. FOTO/IKHWAN
Empat pelaku Curanmor diamankan di Polsek Pauh, Kota Padang. FOTO/IKHWAN
Tiga pelaku Curanmor diamankan di Polsek Pauh, Kota Padang. FOTO/IKHWAN

Empat pelaku aksi kriminal Curanmor (Pencurian Kendaraan bermotor) ditangkap jajaran Polsek Pauh, Kota Padang di dua tempat, Kamis (22/5) kemarin. Keempat pelaku diketahui telah melakukan aksi kriminalnya lebih dari 30 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kapolsek Pauh, Kompol Daeng Rahman menyebutkan, penangkapan dilakukan karena pelaku telah menjadi Target Operasi (TO) kepolisian selama sebulan terakhir.

“Tim reskrim selama sepekan terus melakukan perburuan terhadap keempat pelaku. Lalu, petugas mendapati rumah di kawasan Ulu Gadut memiliki tembok yang tinggi, dan sulit untuk melihat aktivitas didalam rumah tersebut,” katanya di Padang, Jumat (23/5).

Kemudian, setelah mendapatkan informasi yang cukup, sekitar pukul 16.30 WIB petugas langsung menggerebek pelaku di rumah tersebut. Saat ditangkap, polisi langsung menahan dua pelaku atas nama Riki (28) dan Inna Mulyana (23), sedangkan satu pelaku bernama Thamrin (32) mencoba melarikan diri.

“Satu pelaku atas nama Tamrin itu mencoba melarikan diri ke belakang rumahnya. Kemudian, petugas mengejar, dan terpaksa melepaskan dua kali tembakan peringatan. Akhirnya, dia (Tamrin) berhenti, dan langsung ditangkap,” jelasnya.

Usai ditangkap, petugas langsung melakukan penggeledahan, lalu didapati ganja siap pakai senilai Rp. 200 ribu beserta barang bukti lainnya. “Kita langsung melakukan pengembangan dan mendapati satu orang pelaku lagi, dan langsung memburunya,” katanya.

Pelaku keempat ditangkap atas nama Randi (18) ditangkap di kawasan Lubuk Begalung, Kota Padang saat tengah asyik duduk di warung. “Pelaku yang terakhir yang ditangkap merupakan seorang pelajar yang baru lulus tahun ini,” tuturnya.

Sejumlah barang bukti keempat pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) diamankan di Polsek Pauh, Kota Padan. FOTO/IKHWAN
Sejumlah barang bukti keempat pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) diamankan di Polsek Pauh, Kota Padang. FOTO/IKHWAN

Polisi sendiri berhasil mengamankan barang bukti berupa obong isap, ganja senilai Rp. 200 ribu, kunci T, korek api, obong isap, dua buah senapan angin, onderdil motor dan lima buah sepeda motor hasil curian.

“Berdasarkan pengakuan pelaku mereka menjalankan aksi lebih dari 30 TKP di Kota Padang, dan Pariaman. Kita curigai ini merupakan jaringan Curanmor antar kota, karena penjualan motor curiannya dikirim ke daerah Pesisir Selatan,” jelasnya.

Sementara, salah seorang pelaku, Mulyana mengungkapkan, aksi pencuriannya dilakukan dari malam hingga pagi hari. “Ya, kalau ada motor yang bisa dicuri, kita langsung sikat saja pak,” ungkapnya kepada wartawan.

Ia juga menerangkan, kebanyakan pencurian dilakukan berdasarkan permintaan dan Riki menjadi kurir yang mengantarkannya ke daerah Pesisir Selatan. “Kita yang curi dan Riki yang jualnya pak. Biasanya dijual ke Pesisir Selatan pak dengan harga Rp. 2,5 juta sampai Rp. 4 juta,” tuturnya.

Atas aksi kriminalnya tersebut, keempat tersangka akan dijerat pasal 365 tentang pencurian  dengan hukum kurungan maksimal lima tahun penjara. Saat ini, kepolisian masih melakukan pengembangan dengan membawa salah seorang pelaku (Riki) untuk mengungkap dugaan pelaku lainnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait